Lebaran 2 - Fokus Diri

Klu pada Lebaran kali ini saiia ketemu orang dan langsung minta maaf, kek nya itu agag aneh dalam pandangan etika sosial. Sebab saiia minta maaf itu fokusnya adalah tuk kepentingan Idul Fitri saiia pribadi. Jadi dengan minta maaf, berarti saiia mendahulukan kepentingan pribadi dari pada kepentingan orang lain.

Klu.. sekali lagi, mau ikut teorema Al-Fatihah, maka seharusnya, sebelum saiia mohon permaafan, terlebih dulu saiia haruslah menyatakan, bahwa saiia telah memaafkan Anda. Memerdekakan Anda. Menyumbangkan proses Idul Fitri Anda. Untuk konteks yang mungkin saiia terapkan melalui post ini, saiia mencoba menerapkan ayat-ayat Al-Fatihah tersebut. Sebelum saiia mohon kemerdekaan, saiia wajib lebih dulu memerdekakan.

Maka perkenankan saiia sampiakan ikrar pemerdekaan atau pemfitrian saiia pada para sahabat blogger, kelompok-kelompok, panitia acara-acara, yang entah karena dorongan apa, pernah mengklaim nama saiia, mencantumkan nama saiia dalam publikasi tanpa menghubungi dan meminta persetujuan saiia. Temen-temen yang memperlakukan saiia hanya sebagai alat dari kepentingan mereka. Yang mengingkari akad dengan saiia. Temen-temen yang gag bersedia menerima saiia sebagai manusia biasa yang juga punya kondisi-kondisi normal, yang waktu dan tenaganya terbatas, yang harus cari duit, yang butuh waktu buat berkarya dengan baik, yang butuh istirahat. Dan seterusnya. Dan seterusnya.

Perkenankan saiia menyatakan bahwa sejak detik pertama egoistik atau bahkan eksploitatif seperti ini terjadi, saiia telah langsung pula memaafkan. Memaafkan bahwa untuk melakukan shock therapy terhadap akibat-akibat ideologi cinta model Isa yang saiia terapkan bertahun-tahun, tajribah binti eksperimen dengan terapan ideologi haq model Musa yang keras tanpa kompromi. Percayalah.. oleh karena gonjang-ganjing tersebut saiia berharap sesudahnya bisa menemukan manajemen hub bin cinta dan haq a.k.a. kebenaran yang seimbang dan tertata menjadi sesuatu yang lebih etis, penuh pengertian, benar, baik dan indah serta saling menyayangi secara haq.

Khotamallohu ala qulubihim wa 'ala sam'ihim wa 'ala abshorihim... Mohon samudera jiwa Anda, temen-temen semua, akang, mba', Sir, jeneungan, kita bisa saling merdeka-memerdekakan dan dengan begitu akan lebih lapang jalan tuk memperoleh pengampunan Allah.

***


63 komentar:

  1. Happy Lebaran sobat...
    semoga kembali fitri...
    salam

    BalasHapus
  2. Selamat lebaran friend...moga bahagia selalu

    BalasHapus
  3. Selamat idul fitri.
    Semoga kita semua keluar sebagai pemenang setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa.
    Mohon maaf jika selama ini ada salah dan khilaf.
    Taqobballahu minna wa minkum Wa ja’alana minal aidin wal faidzin

    BalasHapus
  4. dimaafkan 9en..
    bukan kah kita harus salin9 memaaafkan seba9ai umatnya?
    impas 9en heheh..

    di bo9or 9en..

    BalasHapus
  5. selamat lebaran
    mohon maaf lahir dan bathin

    BalasHapus
  6. Di pagi ini aku ingin katakan kepadamu sahabat yang kucintai
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H, Mohon Maaf Lahir Dan Batin
    "Taqabbalallahu minnaa wa minkum. Taqabbalallahu yaa kariim. Waja'alnallah. Wa iyyakum minal 'aidiin wal faa iziin..
    Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Dan Batin"

    Amir azzam

    ===================================================

    Ditunggu kedatangannya untuk silahturahim

    BalasHapus
  7. @ kawanlama95 : ditunggu kedatangannya kemana nii?!!? ke rumah benerannya? emangnya saiia tau kang?!?!? klu ke WP nya... sepertinya rumah jeneungan ada di deretan atas kunjungan saiia tadi :(

    BalasHapus
  8. gw kok makin kemari, makin gag ngertii postingan lu ya? hm.. what's wrong with me?

    owwww.... ini toh paragrap yang lu jadiin komen di tempat gua (dan tempat lainnya) :|.
    menurut gua sih, besok2 jangan lagi ya :).

    keep blogging.

    met idul fitri, mohon maaf lahir bathin :)

    BalasHapus
  9. sebelum minta maaf,kita sendiri harus udah memaafkan orang lain dulu

    BalasHapus
  10. mampir di pagi ini, sukses selalu. wah kemana neeh lebaran

    BalasHapus
  11. Saya bkn kakanda..hmm pasti anda tidak baca postingan saya..

    BalasHapus
  12. lebaran lagi ahh... yang sekarang Tia udah bawa ban dalem tratktor nih kak buat mengarungi samudra maaf nya kak Gen ^tuing^ hiks.. kata2nya dalem banget sehhh Tia mpe binun ngartiinnya 8-}

    Pokoknya.. apapun salahnya Tia... Maapnya kak Gen selalu di nanti**cieeeeee***

    BalasHapus
  13. mohon maaf lahir dan batin ya

    BalasHapus
  14. Yuhuuu...
    Met lebaran yah....
    Maaf lahir batin :)
    Gak ada kata2 spesial yang bisa diucapin selain itu :D

    BalasHapus
  15. Assalamu'alaikum,
    Untuk lisan yang mungkin telah salah berucap, untuk prasangka yang kadang timbul dihati. Untuk komentar yang kurang berkenan yang mungkin pernah saya berikan, dengan setulus hati, saya mohon di maafkan lahir batin. Saya dan keluarga mengucapkan, Selamat Idul Fitri, 1 Syawal 1430 H. (Dewi Yana)

    BalasHapus
  16. Selamat Idul Fitri, 1 Syawal 1430 H. Mohon maaf lahir dan batin. Kesini lagi mbak... hehehe

    BalasHapus
  17. bener nih ada makanan di sini? he he he...met lebaran ya.

    BalasHapus
  18. Saya jadi merasa bersalah
    saya telah mepergunakan secara sengaja nama dan link Mas Gen di blog saya
    tanpa kulonuwun lebih dulu
    sungguh bukan maksud untuk kepentingan pribadi
    saya jadi menyesal nih

    mohon maaf ya Mas :(

    BalasHapus
  19. Selamat Idul Fitri...
    Mohon maaf bila Karin punya salah,,,

    BalasHapus
  20. btw, merdeka-memerdekakan seseorang emang membuat hati menjadi lbh lapang...

    BalasHapus
  21. met lebaran...mohon maaf lahir dan bathin ya sob
    salam sahabat :)

    BalasHapus
  22. Selamat Hari Raya Idul Fitri:::..
    Mohon Maaf Lahir & Bathin::.
    Nyelenih muluk coretannya kang..ckck,kidding!

    BalasHapus
  23. Demikian pula saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri
    Taqobbalallohu minna waminkum.
    Mohon maaaf lahir dan batin.*

    BalasHapus
  24. mohon maaf lahir bathin :D

    BalasHapus
  25. mohon maap lahir batin juga..
    makasih ya kunjungannya. waduhh..sempet yah situh mampir ke 2 blog saya.
    lagi bingung nih habisnya.. pake blogspot apa wp.
    oia.
    aku follow deh..
    thanks

    BalasHapus
  26. maaf lahir batin yah!
    selamat iedul fitri ;)

    BalasHapus
  27. anda sudah saya maafkan..
    sekarang anda harus maafkan saya! *maksa ya? hahaa*

    BalasHapus
  28. sudah lama tidak berkunjung si sini. selamat berlebaran. mohon maaf lahir dan batin

    BalasHapus
  29. met lebaran semoga panjang umur

    BalasHapus
  30. klu emang ada yg gag suka... iia lebih baik gag usah masuk sini... gampang kan?!?!?

    BalasHapus
  31. mohon maaf lahir bathin
    plus minta ketupat

    BalasHapus
  32. Amiin, semoga kita semua mendapat pengampunan. Mohon maaf lahir dan batin.

    BalasHapus
  33. duh maaf
    untuk yang attayaya dot com
    aku gatau telah terpajang link
    sekarang udah terpajang neh
    maaf sekali lagi

    BalasHapus
  34. maaf gen baru mampir......mohon maab lahir dan batin ya...lagi males ngenet neh...apa enaknya ditutup dulu ajah ya blogku gen....?

    BalasHapus
  35. minaL aidzin..
    maapH lahir batin ya..

    *maaph bRu berkunjug lagi..*

    BalasHapus
  36. Mohon maaf lahir batin aja kang, baru mampir lagi ni

    BalasHapus
  37. ella datang berkunjung........mengucapkan mohon maaf lahir batin yaa...met lebaran ^_^

    BalasHapus
  38. met lebaran ya
    semoga sukses..

    BalasHapus
  39. bang, pesanku cuman satu, maafin warnet warnet paling parah sedunia yang dirimu kunjungi saban malam itu, bagaimanapun mereka hanya korban keganasan manusia yang sebanyak2nya membuat KBU padahal kecepatannya hanya seiprit, jadi...

    segitu aja dulu yee

    BalasHapus
  40. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H.Minal ‘aidin wal faizin.
    Setulus hati kami sampaikan Mohon Maaf Lahir dan Batin , untuk kesalahan dalam tulisan ataupun dalam komentar kami dan segala hal yang mungkin tidak berkenan di hati saudaraku tercinta , yang selama ini bersama sama dalam canda ria dalam tali persahabatan yaitu dalam satu wadah kebersamaan yang indah dari berbagai Suku , Ras dan Agama yang berbeda ! tapi tetap kokoh dalam Cinta , Damai , dan Kasih Sayang.

    BalasHapus
  41. mbah juga minta maaf yah..........

    BalasHapus
  42. Pokokna mah di maafkan atuh..........

    BalasHapus
  43. wah wah bener tuh hihihihi sebelum minta maaf, harus bisa memaafkan orang lain. ngomong-ngomong akyu suka sekali kata-katanya :D

    BalasHapus
  44. Pulang mudik, saatnya salam2an dg teman2 ngeblog kang.. Mumpung masih suasana lebaran mohon maaf lahir bathin yaa...

    BalasHapus
  45. Hallo mampir..salam kenal ya.

    BalasHapus
  46. Meski telat, aku datang untuk meminta maaf atas segala salah dan khilaf...
    Maaf juga karena baru bisa mampir, soalnya baru kembali dari libur lebaran nih...

    BalasHapus
  47. met idul fitri, mohon maaf lahir dan batin

    BalasHapus
  48. Selamat hari raya idul fitri y kk :)

    BalasHapus
  49. Mbak Geny...saya mohn maaf yaaa..uda kasar ama Mbak..uda melecehkan embak....saya malu kesini lagi...ndak enak ati...
    tapi untunglah mbak uda memaafkan (tuh di atas) dan akhirnya saya berani komenk lagi di sini...heheheh love u fuuulll

    BalasHapus
  50. ingin menyapa kembali setelah sejenak pergi...... :-)

    BalasHapus
  51. berkunjuuung... met lebaran yaaaa.... mohon maaf lahir batin.. 'n sukses selalu buatmu..

    BalasHapus
  52. Halo, "G". Mohon maaf lahir batin ya... :)

    BalasHapus
  53. subhanallah...beberapa posting terakhir ini menyentuh banget euy

    BalasHapus
  54. HADIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIRRRRRRRRRRRRRR..
    Menyapa sahabatku chayank..
    MAAF..
    kok enda pernah kelihatan

    salam sayang

    BalasHapus
  55. “Demi Masa sesungguhnya manusia itu merugi”

    Sebab tiadalah semua ini kecuali kembali kepada Fitrah Diri
    Mari bersama kita saling mensucikan diri menuju Illahi Robby
    Membersihkan diri melangkah menemukan diri sebenar diri
    Mulai menghampiri DIA tulus ikhlas karena CINTA
    Meraih keselarasan diri dalam Ketenangan Jiwa
    Menjadi Manusia seutuhnya meliputi lahir bathin
    Dahulu datang putih suci bersih
    Mudah mudahan kembali suci putih bersih

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabat Sahabatkuku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

    BalasHapus
  56. Salam aidilfitri kamu..:)

    BalasHapus

D'APRÈS VOUS?