Kecerdasan dan Anak

Multiple Intelligence

Tergelitik oleh beberapa tayangan media, baik televisi maupun radio yang kerap kali menemani saiia sewaktu hendak dan setelah bangun tidur, yakni radio Smart 95.9 fm, mengenai bagaimana salah kaprahnya para orang tua di masa kini mengurus, mendidik, membekali anak-anaknya dengan segala macam ambisi yang nota-bene ternyata merupakan ambisi quote en quote si orang tua itu sendiri.

Mereka berlomba-lomba ingin memperbaiki kehidupan yang -dulunya- mereka gag miliki dengan mencekoki anak akan ini dan itu.. Saiia hidup gag berkecukupan, masa kamu mau nantinya miskin juga seperti Daddy kamu ini? Karena si ayah gag pandai Matematika, lalu ia mencekoki anaknya dengan jutaan dan milyaran bimbel hanya agar si anak mampu mengejawantahkan angka-angka dalam buku panduan mereka, agar mereka cerdas sayentis katanya, agar mereka mampu buat bikin bom menjadi ahli kimia, dst dsb dll dkk.

Bukankah ini, bukankah itu semua ambisi si orang tua? Emang siapa yang sekolah? Emang siapa yang nantinya akan menjalani hidup ini? Emang siapa yang punya nyawa di badan si anak kecil tersebut. Akuilah demikian adanya.. karena jujur, saiia pribadipun merupakan produk dari era pendidikan seperti itu. Saiia akui -kasarnya- bahwa saiia merupakan produk gagal (dari sudut pandang anak tentunya), tapi ternyata itu salah.

Tidak ada anak bodoh, temukan kecerdasannya!
Temukan kecerdasannya!

Kalimat itulah yang mengawali rasa gundah saiia. Setelah berlama-lama mendengarkan acara demi acara yang terus digulirkan radio tersebut, juga di barengi dengan televisi edukasi (buat saiia pribadi) yakni Kompas Tv, yang kini menghilang entah kemana.. juga DAAI tv, ternyata memang tidak ada anak yang bodoh, tidak ada anak yang bego atawa bedon. Semua anak, semua orang mendapat karunia anugerah penciptaan otak yang sama cerdasnya dari Sang Kuasa.

Percayalah... tidak ada anak bodoh, temukan kecerdasannya!


Ohmai GOD! Jika demikian, mengapa sekarang -rata-rata- anak yang tawuran, anak-anak yang dengan sibuknya melupakan 'main' mereka, merelakan uang jajan mereka, yang jika mereka tidak punya (uang tersebut) mereka urunan bin patungan hanya supaya bisa memperoleh Gear yang nantinya akan mereka ikatkan pada sebuah sabuk, katakanlah demikian, lalu mereka putar-putar sabuk dengan kepala Gear sepeda, motor, mobil, traktor, mesin giling, kapal jet tempur dan sebagainya itu guna mereka pergunakan untuk menyerang anak dari sekolah atau geng kampung lainnya?!

Kebodohan, jawab seorang teman.. Ekel namanya. Ahmad Haikal atau yang biasa di sebut Haikallica dan terkadang minta di panggil Slash yang nota-bene masih salah satu dari personil Ragamuffin (tentu Agan/Sis ingat sama tulisan saiia yang satu itu bukan, jika memang lupa, silahkan diintip lagi di Ragamuffin, red), ia seorang Bassis kawakan yang sudah malang melintang di dunia perhelatan.. ehh.. persilatan maksudnya, mengatakan bahwa kebodohan lah yang mengilhami kenapa sekarang tawuran sudah sejak dini banyak diselenggarakan oleh para siswa SD tersebut.Seiring bertambahnya usia kita (terutama para orang tua) begitu pula dengan adik-adik kita, anak-anak kita, muncullah -entah dari mana datangnya- anggapan bahwa dirinya termasuk anak bodoh, lemah, bahkan hingga mereka beranggapan bahwa mereka tidak memiliki daya saing.

Percayalah... tidak ada anak bodoh, temukan kecerdasannya!

Keniscayaan yang gag bisa dihindari dan dipungkiri yang merupakan produk dari model pendidikan disekolah.. beuhhh.. mulai berat nii :p. Institusi pendidikan yang semestinya memberikan motivasi agar anak menemukan dan mengembangkan potensi dirinya sering kali malah menjadi sebuah tempat 'pembodohan' bagi anak-anak kita.

Hmm... Mari kita tengok sejenak apa sebenarnya kata para pakar mengenai Cerdas dan Bodoh ini dan akan seperti apa nantinya jika pendidikan di Indonesia di selenggarakan dengan cara yang tidak seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.. loh..

Apakah Kecerdasan Itu?

* Kecerdasan bukanlah sesuatu yang bersifat tetap.
* Kecerdasan bagaikan kumpulan kemampuan atau ketrampilan yang dapat ditumbuhkan dan dikembangkan.
* Kecerdasan merupakan kemampuan untuk memecahkan suatu masalah; kemampuan untuk menciptakan masalah baru untuk dipecahkan; kemampuan untuk menciptakan sesuatu atau menawarkan suatu pelayanan yang berharga dalam suatu kebudayaan masyarakat.
(Howard Gardner).

Tak akan komplit rasanya jika saiia gag sekalian ajja tuliskan beberapa tipe anak dalam menangkap pelajaran, dalam menghadapi hidup ini, namun sayangnya, waktu pula yang membatasi hal tersebut, mungkin satu persatu nanti akan saiia bagikan juga di sini, karena Indonesian Strong from Home bukan hanya impian belaka, jika ini bisa kita terapkan di tiap rumah, di tiap keluarga, niscaya pemerintah akan mau mengubah sistem kurikulum buatan Alfred Bine kelahiran Perancis sewaktu revolusi Industri terjadi yang kini masih erat gag mau mereka perbaharui atau rombak sekalian dengan yang fresh.

Sedikit saja saiia angkat sebagai wacana awal bahwa tipe anak atau yang canggihnya sering kita dengar dengan sebutan Multiple Intelligence, diantaranya adalah; Visual, Audio, Verbal, Kinestetic, Sosial, Penyendiri dan Logis. Untuk penjelasannya, silahkan tongkrongin terus tuh wese genialbutuhsomay iia Agan/Sis. Percayalah... tidak ada anak bodoh, temukan kecerdasannya! Di sini saiia gag akan berpanjang-panjang ria mengatasnamakan apalah itu namanya, saiia hanya ingin mengingatkan terutama buat saiia pribadi >> halah* so' bijak.. bahwa kita semua, anak-anak terutama, terlahir dengan kemampuan yang sama, tinggal seberapa besar nyali para orang tua melihat lalu menyikapi apa yang diinginkan anaknya kelak. Indonesian Strong from Home

66 comments:

{ Masih Abi Sabila } | 26 Desember 2011 07.42 mengatakan...

setiap orang tua tentu menginginkan yang terbaik untuk anaknya, tapi bukan berarti mereka bisa dan boleh memaksakan kehendak, bagaimanapun setiap anak memiliki hak untuk berkembang dan menentukan pilihan. kita selaku orang tua semestinya membimbing dan mengarahkan.

satu lagi, ada beberapa orang tua yang karena emosi seringkali memarahi anak dengan kata-kata, dasar go**ok, atau sejenisnya, padahal hal ini sangat besar pengaruh negatifnya dan hampir tak ada sisi positifnya.

{ PS Holic } | 26 Desember 2011 07.47 mengatakan...

setuju banged kang.. berarti memang kita sebagai orang tuanya kan yang harusnya makin membuka diri bahwa tiap anak memang berbeda cara dan perilaku dalam mendidik mereka dan bukannya mengedepankan emosi ketika mereka gag bisa mengeksekusi sesuatu yang menurut kita (orang tua) gampang, dan melupakan tipe si anak tu yg mana hingga kita tau harusnya berhadapan dengan tipe tersebut seperti apa dsb dll..

emosi yg ada harusnya bisa dikelola dengan, jangan pake marah ketika kita memarahi anak...

{ Cerita Tugu } | 26 Desember 2011 08.15 mengatakan...

semua anak hakekatnya itu pintar tinggal bagaimana orang tua itu menyikapinya,membing,mengarahkan dengan baik dan jangan memaksakan kehendak dimana anak tidak bisa melaksanakannya

{ PS Holic } | 26 Desember 2011 08.17 mengatakan...

nyali iai pak iia..!! setuju saiia.. orang tua emang punya tantangan berat di sini.. seberani apa nyali orang tua ngejawab masalah anaknya dengan tanpa mengedepankan emosi..

bayangin klu si anak bilang, cita-cita saiia mau jadi 'tukang sampah'.. nahh lohhh :(

{ dokunimus } | 26 Desember 2011 09.04 mengatakan...

Cerdas bodohnya seseorang itu tergantung intensitas dan kualitas belajarnya.

{ anisayu } | 26 Desember 2011 15.49 mengatakan...

kalau punya anak pasti ingin anaknya pandai pinter dan cerdas salam segala hal....

artikel yg bagus,,, :)

{ attayaya-alam } | 26 Desember 2011 19.53 mengatakan...

kemampuan orang tua utk melihat bakat anak dan mengembangkannya bukan mencekokinya dgn hal yg ga cucok terhadap anak

{ PS Holic } | 26 Desember 2011 21.32 mengatakan...

@ dokunimus : tergantung nyali orang tuanya kang buat memagari cita-cita anaknya :)
@ anisayu : setujuh
@ attayaya-alam : penting tuh bang... bukannya mencekoki :)

{ john } | 26 Desember 2011 21.35 mengatakan...

Nice articles. need to follow :)

{ automation } | 26 Desember 2011 22.05 mengatakan...

betul di dunia gak ada anak bodoh ada nya yang males atau tidak

{ timbangan digital } | 26 Desember 2011 22.07 mengatakan...

setuju banget deh tidak ada anak bodoh, hanya cepat memahami atau tidaknya seorang anak :D

{ infrared thermometer } | 26 Desember 2011 22.10 mengatakan...

sebenarnya anak hanya butuh bimbingan yang baik agar cepat memahami ilmu yang disampaikan

{ PS Holic } | 26 Desember 2011 23.16 mengatakan...

@ John : monggo
@ automation : itupun saiia kurang sependapat kang.. kalau gag ada yg bodoh, maka gag ada juga anak yg males kang kalau kita (sebagai orang tua) mampu memaksimalkan tipe yang sudah tersemat dalam dirinya ajja mungkin
@ timbangan digital : persis seperti komen saiia atas kang automation :(
@ infrared thermometer : ini saiia baru hakkul yaqin kang :) setuju saiia :)

{ jiah al jafara } | 26 Desember 2011 23.58 mengatakan...

nice infoooo
tapi belum punya anak :-D

{ PS Holic } | 27 Desember 2011 00.03 mengatakan...

loh...?!?!?! saiia juga.. belum nikah bahkan :(

{ chikal } | 27 Desember 2011 03.51 mengatakan...

curhat nih drong? huhuu sammmmaaa.

{ Vika Etiana } | 27 Desember 2011 05.24 mengatakan...

Saya setuju kalau orang tua harus optimal dalam menyikapi anak (mendidik,tdk mencekoki, mnahan emosi, dll). Tapi sepertinya pusatnya adalah orang tua, susah sekali kerja orang tua?
Kasian orang tua :(

{ fifin } | 27 Desember 2011 05.50 mengatakan...

setiap anak memilili bakatnya masing masing yang belum tentu sama dengan keinginan orang tua mereka. Sebagai orang tua seharusnya hanya mengarahkan saja apa minatnya..

{ Endy } | 27 Desember 2011 21.09 mengatakan...

mank benar mas, bahwa kecerdasan itu bersifat universal, terkadang bagi beberapa orang ada yang menganggapnya sebagai suatu kebodohan, namun bagi beberapa orang menganggapnya hal yang luar biasa...

{ PS Holic } | 30 Desember 2011 05.12 mengatakan...

@ Vika Etiana : nnah itu dia.. makanya mikir dulu lah sebelum mengambil keputusan :(
@ fifin : setuju
@ Endy : layaknya 'musik' ya kang?!?! :p :)

{ PS Holic } | 30 Desember 2011 05.42 mengatakan...

SELAMAT TAHUN BARU 2012 semua!!! :)

{ Lidya - Mama Pascal } | 1 Januari 2012 06.03 mengatakan...

terima kasih atas sharingnya ya

{ Seledri } | 2 Februari 2012 21.53 mengatakan...

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

{ temu putih } | 2 Februari 2012 21.57 mengatakan...

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

{ foredi } | 2 Februari 2012 22.00 mengatakan...

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

{ obat diabetes } | 2 Februari 2012 22.03 mengatakan...

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

{ jamu tetes soman } | 2 Februari 2012 22.06 mengatakan...

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

{ soman1 } | 2 Februari 2012 22.08 mengatakan...

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

{ mengkudu } | 2 Februari 2012 23.16 mengatakan...

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

{ kunir putih } | 2 Februari 2012 23.20 mengatakan...

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

{ pasak bumi } | 2 Februari 2012 23.23 mengatakan...

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

{ jati belanda } | 2 Februari 2012 23.27 mengatakan...

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

{ jahe merah } | 2 Februari 2012 23.30 mengatakan...

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

{ daun ungu } | 2 Februari 2012 23.35 mengatakan...

Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

{ daun ungu } | 2 Februari 2012 23.39 mengatakan...

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

{ rumput mutiara } | 2 Februari 2012 23.47 mengatakan...

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

{ tempuyung } | 2 Februari 2012 23.51 mengatakan...

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

{ songgolangit } | 2 Februari 2012 23.56 mengatakan...

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

{ xamthone } | 3 Februari 2012 00.00 mengatakan...

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

{ agen xamthone plus } | 3 Februari 2012 00.04 mengatakan...

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

{ agen xamthone } | 3 Februari 2012 00.07 mengatakan...

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

{ xamthone } | 3 Februari 2012 00.11 mengatakan...

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

{ vitabrain } | 3 Februari 2012 00.13 mengatakan...

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

{ vitabrain } | 3 Februari 2012 00.16 mengatakan...

Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

{ vitabrain } | 3 Februari 2012 00.20 mengatakan...

Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

{ anak autis } | 3 Februari 2012 00.24 mengatakan...

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

{ vitamin otak } | 3 Februari 2012 00.28 mengatakan...

Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

{ obat wasir tradisional } | 3 Februari 2012 00.37 mengatakan...

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

{ obat wasir } | 3 Februari 2012 00.41 mengatakan...

Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

{ obat ambeien } | 3 Februari 2012 00.44 mengatakan...

Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

{ ambeien } | 3 Februari 2012 00.47 mengatakan...

Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

{ pengobatan wasir } | 3 Februari 2012 00.49 mengatakan...

Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

{ PS Holic } | 21 Juli 2012 22.56 mengatakan...

kebanyakan nii sampahnya ;(

{ modern classic furniture } | 18 Oktober 2012 21.45 mengatakan...

menarik artikelnya

{ abdisme } | 23 Oktober 2012 06.12 mengatakan...

setuju kawan

{ Risma } | 9 Desember 2012 17.08 mengatakan...

Informasi yang sangat bermanfaat...
kecerdasan harus dimiliki setiap orang.
salam kenal dan semoga sukses selalu :)

{ PS Holic } | 9 Desember 2012 19.57 mengatakan...

makasii en salam kenal juga iia ;)

{ birthday party } | 23 Januari 2013 01.00 mengatakan...

thanks infonya :)

{ Okinice Meyer } | 10 Maret 2013 09.23 mengatakan...

Bagus artikelnya. Memang kecerdasan manusia itu terbagi 7 macam. Jadi, jika secara akademis kurang, tidak serta merta bisa disebut "bodoh".

Berkunjung balik ya :)

{ PS Holic } | 11 Maret 2013 08.02 mengatakan...

banyak faktor sebenarnya, yang bisa terlebih dulu kita perhatikan hingga akhirnya kita berkesimpulan terhadap sesuatu, terlebih lagi untuk masalah sepenting anak :)

{ Cara Mengobati Penyakit Gagal Ginjal Secara Alami } | 6 Juni 2013 20.29 mengatakan...

Atikel yang menarik..!
salam kenal...

{ Obat Penyakit Hipertiroid Alami, Gejala dan penyebab } | 26 November 2013 00.34 mengatakan...

Saya sangat setuju,dengan artikelnya gan,senang berkunjung.

{ ambeclear } | 12 November 2014 21.27 mengatakan...

suwun mas ...Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

{ jamu tetes soman } | 5 April 2015 19.53 mengatakan...

artikel yang mantap.

{ Rani } | 29 Oktober 2016 17.44 mengatakan...

gatal | denature | obat | eko priyanto | eko priyanto | kutil kelamin | denature | wasir | denature | obat herbal | denature | wasir | kemaluan keluar nanah | eko priyanto | sipilis | kutil kemaluan | kutil kemaluan | kutil kemaluan | kutil kemaluan | kutil kemaluan | obat kutil | kutil kelamin

{ muarra } | 12 November 2016 18.09 mengatakan...

bener banget pak, zaman sekarang masih banyak orang tua yang yang memaksakan anaknya untuk bisa ini bisa itu padahal anak sama sekali tidak menyukai hal itu. Orang tua ingin anaknya pintar matematika, dipaksakan sedemikian rupa, ikut les, ikut bimbel matematika, ikut seminar, padahal anaknya suka seni, senang menggambar kecerdasanya dipaduan warna-warna cantik nan indah. akhinya anak depresi, stres, gangguan batin, mentalnya rusak, karakternya hancur, otomatis kecerdasannya menyusut.
kalau orang tua tau apa potensi anak pasti anaknya akan bertambah cerdas dan semakin sayang orang tuanya.

Poskan Komentar

D'APRÈS VOUS?

The Personal Touch

love life my review Kiat memperkaya diri Indonesian Strong from Home Sufi info perangkat blog Download mp3 Quote of the day Francomania R U Multiple Intelligence Rock Awards Masjid Kita pictures Low Latent Inhibition Solusi Jakarta Download Video Masgari Muhammad Athir Ardan Rahasia Ikhlas film sahabat angga Angga Sbastian Déjà vu Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak Insan Kamil Seabrek Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kanan Anak Zuhud Alanis Morissete - MTV Unplugged (1999) Alanis Morissette - Flavors of Entanglement (2008) Amien Apa itu Déjà vu 1 Apa itu Déjà vu 2 Ayn al Qudat Be the Miracle Berbuat Baik Bruno Mars - Just The Way You Are Cinta itu Hanya Damai - Esensi David Foster Dewa 19 Dimana ku Dinar Dirham sebagai Jawaban Diri Manusia Doa Jenderal Douglas Mac Arthur Doel Sumbang Download Software Dream Theater - Live At Budokan (2004) Dream Theater - Systematic Chaos (2007) Dream Theater - Train of Thought (2003) Dunia Baru Dunia dan Imam Mahdi Eksistensi Esensi Keberadaan Fariduddin Attar - Hakim Sanai Fibrokistik Mammae Gladi Kotor Hakikat Manusia Hapuskan Mobil Hati Heterogenitas pertunjukan Dunia Ideologi Mobil Ilmu Pengetahuan Baru Irma Novrida Iron Maiden Istiqomah Jakarta Lumpuh Buang Mobil Jakarta tanpa Mobil Jalaluddin ar-Rumi Jalan Hati Jenderal Douglas Mac Arthur Jujur Junte Kasih Sayang Kecerdasan dan Anak Kejujuran Kesadaran Khalifah Allah Kista Jinak Payudara Kita (tidak) Beda Labyrinth Lathifah Makrifat Manusia Sempurna Manusia dan Tanggung Jawab MarvelKlik Mati sebelum mati Menerima adalah Kebaikan juga Nenek Make Up Tebal OST - The Dark Knight (2008) Objektif Logis Objektif Rasional Objektif Sejati One Minute Silence - Available in All Colors (1998) Peran Kita Untuk Semua Permainan Lego Poppy Mercury Puji Tuhan Raggamuffin Ramalan Joyoboyo Ramalan Ronggowarsito Ramalan Sbdo Palon Sahabat Angga - Final Sahabat Angga - Semua Tentang Kita Selamat jalan saudaraku Amien Sheryl Crow - Detours (2008) Siapa Tuhan Mu Slank Slipknot - All Hope Is Gone (2008) Sori Dori Mori Sparkling Saint - Saintronic (2008) Syekh Siti Jenar - Makna Kematian Syirik Ashghar Syirik Khofi Syirik Khofi (samar) Tanggungjawab dalam kebahagiaan Teka-Teki Einstein Tembang Kehidupan Terbuka Tesla - Times Makin' Changes Tidur Sadar Tipe Aural (Auditory - Musical) Tipe Belajar Visual Tipe Fisik (Kinesthetic) Tipe Logis (Mathematical) Tipe Penyendiri (Intrapersonal) Tipe Sosial (Interpersonal) Tipe Verbal (Linguistic) Tokoh Tragedi Tanah Serambi Mekkah 26 Desember 2004 Vicky Sianipar feat. Ikhsan Akbar - Sesal Semu Waham Within Temptation - Forgiven Zainal Arifin Zainal Arifin IUS

Pengikut

 

Copyright © 2010 Ikhlas - The Secret All Rights Reserved

Design by Dzignine