Kecerdasan dan Anak

Multiple Intelligence

Tergelitik oleh beberapa tayangan media, baik televisi maupun radio yang kerap kali menemani saiia sewaktu hendak dan setelah bangun tidur, yakni radio Smart 95.9 fm, mengenai bagaimana salah kaprahnya para orang tua di masa kini mengurus, mendidik, membekali anak-anaknya dengan segala macam ambisi yang nota-bene ternyata merupakan ambisi quote en quote si orang tua itu sendiri.

Mereka berlomba-lomba ingin memperbaiki kehidupan yang -dulunya- mereka gag miliki dengan mencekoki anak akan ini dan itu.. Saiia hidup gag berkecukupan, masa kamu mau nantinya miskin juga seperti Daddy kamu ini? Karena si ayah gag pandai Matematika, lalu ia mencekoki anaknya dengan jutaan dan milyaran bimbel hanya agar si anak mampu mengejawantahkan angka-angka dalam buku panduan mereka, agar mereka cerdas sayentis katanya, agar mereka mampu buat bikin bom menjadi ahli kimia, dst dsb dll dkk.

Bukankah ini, bukankah itu semua ambisi si orang tua? Emang siapa yang sekolah? Emang siapa yang nantinya akan menjalani hidup ini? Emang siapa yang punya nyawa di badan si anak kecil tersebut. Akuilah demikian adanya.. karena jujur, saiia pribadipun merupakan produk dari era pendidikan seperti itu. Saiia akui -kasarnya- bahwa saiia merupakan produk gagal (dari sudut pandang anak tentunya), tapi ternyata itu salah.

Tidak ada anak bodoh, temukan kecerdasannya!
Temukan kecerdasannya!

Kalimat itulah yang mengawali rasa gundah saiia. Setelah berlama-lama mendengarkan acara demi acara yang terus digulirkan radio tersebut, juga di barengi dengan televisi edukasi (buat saiia pribadi) yakni Kompas Tv, yang kini menghilang entah kemana.. juga DAAI tv, ternyata memang tidak ada anak yang bodoh, tidak ada anak yang bego atawa bedon. Semua anak, semua orang mendapat karunia anugerah penciptaan otak yang sama cerdasnya dari Sang Kuasa.

Percayalah... tidak ada anak bodoh, temukan kecerdasannya!


Ohmai GOD! Jika demikian, mengapa sekarang -rata-rata- anak yang tawuran, anak-anak yang dengan sibuknya melupakan 'main' mereka, merelakan uang jajan mereka, yang jika mereka tidak punya (uang tersebut) mereka urunan bin patungan hanya supaya bisa memperoleh Gear yang nantinya akan mereka ikatkan pada sebuah sabuk, katakanlah demikian, lalu mereka putar-putar sabuk dengan kepala Gear sepeda, motor, mobil, traktor, mesin giling, kapal jet tempur dan sebagainya itu guna mereka pergunakan untuk menyerang anak dari sekolah atau geng kampung lainnya?!

Kebodohan, jawab seorang teman.. Ekel namanya. Ahmad Haikal atau yang biasa di sebut Haikallica dan terkadang minta di panggil Slash yang nota-bene masih salah satu dari personil Ragamuffin (tentu Agan/Sis ingat sama tulisan saiia yang satu itu bukan, jika memang lupa, silahkan diintip lagi di Ragamuffin, red), ia seorang Bassis kawakan yang sudah malang melintang di dunia perhelatan.. ehh.. persilatan maksudnya, mengatakan bahwa kebodohan lah yang mengilhami kenapa sekarang tawuran sudah sejak dini banyak diselenggarakan oleh para siswa SD tersebut.Seiring bertambahnya usia kita (terutama para orang tua) begitu pula dengan adik-adik kita, anak-anak kita, muncullah -entah dari mana datangnya- anggapan bahwa dirinya termasuk anak bodoh, lemah, bahkan hingga mereka beranggapan bahwa mereka tidak memiliki daya saing.

Percayalah... tidak ada anak bodoh, temukan kecerdasannya!

Keniscayaan yang gag bisa dihindari dan dipungkiri yang merupakan produk dari model pendidikan disekolah.. beuhhh.. mulai berat nii :p. Institusi pendidikan yang semestinya memberikan motivasi agar anak menemukan dan mengembangkan potensi dirinya sering kali malah menjadi sebuah tempat 'pembodohan' bagi anak-anak kita.

Hmm... Mari kita tengok sejenak apa sebenarnya kata para pakar mengenai Cerdas dan Bodoh ini dan akan seperti apa nantinya jika pendidikan di Indonesia di selenggarakan dengan cara yang tidak seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.. loh..

Apakah Kecerdasan Itu?

* Kecerdasan bukanlah sesuatu yang bersifat tetap.
* Kecerdasan bagaikan kumpulan kemampuan atau ketrampilan yang dapat ditumbuhkan dan dikembangkan.
* Kecerdasan merupakan kemampuan untuk memecahkan suatu masalah; kemampuan untuk menciptakan masalah baru untuk dipecahkan; kemampuan untuk menciptakan sesuatu atau menawarkan suatu pelayanan yang berharga dalam suatu kebudayaan masyarakat.
(Howard Gardner).

Tak akan komplit rasanya jika saiia gag sekalian ajja tuliskan beberapa tipe anak dalam menangkap pelajaran, dalam menghadapi hidup ini, namun sayangnya, waktu pula yang membatasi hal tersebut, mungkin satu persatu nanti akan saiia bagikan juga di sini, karena Indonesian Strong from Home bukan hanya impian belaka, jika ini bisa kita terapkan di tiap rumah, di tiap keluarga, niscaya pemerintah akan mau mengubah sistem kurikulum buatan Alfred Bine kelahiran Perancis sewaktu revolusi Industri terjadi yang kini masih erat gag mau mereka perbaharui atau rombak sekalian dengan yang fresh.

Sedikit saja saiia angkat sebagai wacana awal bahwa tipe anak atau yang canggihnya sering kita dengar dengan sebutan Multiple Intelligence, diantaranya adalah; Visual, Audio, Verbal, Kinestetic, Sosial, Penyendiri dan Logis. Untuk penjelasannya, silahkan tongkrongin terus tuh wese genialbutuhsomay iia Agan/Sis. Percayalah... tidak ada anak bodoh, temukan kecerdasannya! Di sini saiia gag akan berpanjang-panjang ria mengatasnamakan apalah itu namanya, saiia hanya ingin mengingatkan terutama buat saiia pribadi >> halah* so' bijak.. bahwa kita semua, anak-anak terutama, terlahir dengan kemampuan yang sama, tinggal seberapa besar nyali para orang tua melihat lalu menyikapi apa yang diinginkan anaknya kelak. Indonesian Strong from Home

62 komentar:

  1. setiap orang tua tentu menginginkan yang terbaik untuk anaknya, tapi bukan berarti mereka bisa dan boleh memaksakan kehendak, bagaimanapun setiap anak memiliki hak untuk berkembang dan menentukan pilihan. kita selaku orang tua semestinya membimbing dan mengarahkan.

    satu lagi, ada beberapa orang tua yang karena emosi seringkali memarahi anak dengan kata-kata, dasar go**ok, atau sejenisnya, padahal hal ini sangat besar pengaruh negatifnya dan hampir tak ada sisi positifnya.

    BalasHapus
  2. setuju banged kang.. berarti memang kita sebagai orang tuanya kan yang harusnya makin membuka diri bahwa tiap anak memang berbeda cara dan perilaku dalam mendidik mereka dan bukannya mengedepankan emosi ketika mereka gag bisa mengeksekusi sesuatu yang menurut kita (orang tua) gampang, dan melupakan tipe si anak tu yg mana hingga kita tau harusnya berhadapan dengan tipe tersebut seperti apa dsb dll..

    emosi yg ada harusnya bisa dikelola dengan, jangan pake marah ketika kita memarahi anak...

    BalasHapus
  3. semua anak hakekatnya itu pintar tinggal bagaimana orang tua itu menyikapinya,membing,mengarahkan dengan baik dan jangan memaksakan kehendak dimana anak tidak bisa melaksanakannya

    BalasHapus
  4. nyali iai pak iia..!! setuju saiia.. orang tua emang punya tantangan berat di sini.. seberani apa nyali orang tua ngejawab masalah anaknya dengan tanpa mengedepankan emosi..

    bayangin klu si anak bilang, cita-cita saiia mau jadi 'tukang sampah'.. nahh lohhh :(

    BalasHapus
  5. Cerdas bodohnya seseorang itu tergantung intensitas dan kualitas belajarnya.

    BalasHapus
  6. kalau punya anak pasti ingin anaknya pandai pinter dan cerdas salam segala hal....

    artikel yg bagus,,, :)

    BalasHapus
  7. kemampuan orang tua utk melihat bakat anak dan mengembangkannya bukan mencekokinya dgn hal yg ga cucok terhadap anak

    BalasHapus
  8. @ dokunimus : tergantung nyali orang tuanya kang buat memagari cita-cita anaknya :)
    @ anisayu : setujuh
    @ attayaya-alam : penting tuh bang... bukannya mencekoki :)

    BalasHapus
  9. Nice articles. need to follow :)

    BalasHapus
  10. betul di dunia gak ada anak bodoh ada nya yang males atau tidak

    BalasHapus
  11. setuju banget deh tidak ada anak bodoh, hanya cepat memahami atau tidaknya seorang anak :D

    BalasHapus
  12. sebenarnya anak hanya butuh bimbingan yang baik agar cepat memahami ilmu yang disampaikan

    BalasHapus
  13. @ John : monggo
    @ automation : itupun saiia kurang sependapat kang.. kalau gag ada yg bodoh, maka gag ada juga anak yg males kang kalau kita (sebagai orang tua) mampu memaksimalkan tipe yang sudah tersemat dalam dirinya ajja mungkin
    @ timbangan digital : persis seperti komen saiia atas kang automation :(
    @ infrared thermometer : ini saiia baru hakkul yaqin kang :) setuju saiia :)

    BalasHapus
  14. nice infoooo
    tapi belum punya anak :-D

    BalasHapus
  15. loh...?!?!?! saiia juga.. belum nikah bahkan :(

    BalasHapus
  16. curhat nih drong? huhuu sammmmaaa.

    BalasHapus
  17. Saya setuju kalau orang tua harus optimal dalam menyikapi anak (mendidik,tdk mencekoki, mnahan emosi, dll). Tapi sepertinya pusatnya adalah orang tua, susah sekali kerja orang tua?
    Kasian orang tua :(

    BalasHapus
  18. setiap anak memilili bakatnya masing masing yang belum tentu sama dengan keinginan orang tua mereka. Sebagai orang tua seharusnya hanya mengarahkan saja apa minatnya..

    BalasHapus
  19. mank benar mas, bahwa kecerdasan itu bersifat universal, terkadang bagi beberapa orang ada yang menganggapnya sebagai suatu kebodohan, namun bagi beberapa orang menganggapnya hal yang luar biasa...

    BalasHapus
  20. @ Vika Etiana : nnah itu dia.. makanya mikir dulu lah sebelum mengambil keputusan :(
    @ fifin : setuju
    @ Endy : layaknya 'musik' ya kang?!?! :p :)

    BalasHapus
  21. SELAMAT TAHUN BARU 2012 semua!!! :)

    BalasHapus
  22. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  23. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  24. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  25. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  26. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  27. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus
  28. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  29. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  30. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  31. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  32. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    BalasHapus
  33. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  34. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  35. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  36. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  37. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  38. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  39. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  40. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  41. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  42. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    BalasHapus
  43. Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  44. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    BalasHapus
  45. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  46. Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

    BalasHapus
  47. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  48. Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

    BalasHapus
  49. Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

    BalasHapus
  50. Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  51. Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

    BalasHapus
  52. kebanyakan nii sampahnya ;(

    BalasHapus
  53. Informasi yang sangat bermanfaat...
    kecerdasan harus dimiliki setiap orang.
    salam kenal dan semoga sukses selalu :)

    BalasHapus
  54. makasii en salam kenal juga iia ;)

    BalasHapus
  55. Bagus artikelnya. Memang kecerdasan manusia itu terbagi 7 macam. Jadi, jika secara akademis kurang, tidak serta merta bisa disebut "bodoh".

    Berkunjung balik ya :)

    BalasHapus
  56. banyak faktor sebenarnya, yang bisa terlebih dulu kita perhatikan hingga akhirnya kita berkesimpulan terhadap sesuatu, terlebih lagi untuk masalah sepenting anak :)

    BalasHapus
  57. bener banget pak, zaman sekarang masih banyak orang tua yang yang memaksakan anaknya untuk bisa ini bisa itu padahal anak sama sekali tidak menyukai hal itu. Orang tua ingin anaknya pintar matematika, dipaksakan sedemikian rupa, ikut les, ikut bimbel matematika, ikut seminar, padahal anaknya suka seni, senang menggambar kecerdasanya dipaduan warna-warna cantik nan indah. akhinya anak depresi, stres, gangguan batin, mentalnya rusak, karakternya hancur, otomatis kecerdasannya menyusut.
    kalau orang tua tau apa potensi anak pasti anaknya akan bertambah cerdas dan semakin sayang orang tuanya.

    BalasHapus

D'APRÈS VOUS?