Tipe Aural (Auditory - Musical)

Multiple Intelligence - Tipe Aural (auditory-musical)

Selamat pagi, salam sejahtera, semoga semua diberkati.. kamipun berharap agar blog ini terus berkumandang, loh.. :( Langsung saja setelah tempo hari kami membahas mengenai Tipe anak Visual, kita akan masuk pada tipe berikutnya yakni Tipe Aural (Auditory - Musical).

Sebagai pengingat akan kegundahan mengapa tiba-tiba channel Kompas Tv di tempat saya lenyap begitu saja :( tanpa terlebih dulu memberikan informasi akurat mengenai kepergiannya. Apakah mereka tv berbayar? Hmm... Lupakan!

Ada yang baru dari blog ini jika Agan/Sis benar-benar memperhatikan, bukan hanya sisi tampilan, namun juga content. Mengapa saya giat sekali menggalakkan Indonesian Strong from Home ini? Apa yang mendasari begitu keukeuhnya tulisan demi tulisan kami sematkan slogan tersebut. Indonesian Strong from Home. Untuk lebih jelasnya mengapa tulisan itu selalu mengemuka di sini.. silahkan langsung saja kunjungi blog Ayah Edi yang merupakan penggagas gerakan ini 7 tahun lalu.

Tentang Tipe Aural (Auditory - Musical)..
Langsung saja tanpa basa-basi, kami akan mengupas sedikit saja mengenai tipe pembelajaran anak yang ke dua ini, Tipe Aural (Auditory - Musical). Anak aural menyerap informasi dengan pendengaran; telinga sebagai senjata andalan mereka. Dengan inilah mereka menyerap segala sesuatu yang nantinya diproses dalam oataknya dan menghasilkan output yang tentunya bisa kita lihat secara nyata.

Mereka sangat menyukai suara, musik misalnya. Mereka sangat sensitif dengan yang namanya intonasi, dinamika irama, tempo, keras-pelan, suara jauh-dekat. Sekarang bayangkan mereka diharuskan belajar di tengah-tengah kesunyian. Keheningan bisa membunuh anak dengan tipe ini. Kenapa? Karena mereka memang suka sekali mengekspresikan segala sesuatunya dengan bersenandung riang gembira, bahkan mereka sangat mampu membuat nada/rima sendiri.

Media dan cara belajar anak dengan tipe Aural (Auditory - Musical)
  • Menggunakan metode ceramah/kuliah
  • Menggunakan melodi untuk teks; bergumam
  • Membaca dengan suara keras (read aloud)
  • Membangun suasana musikal utk menciptakan suasana
  • Menggunakan media audio visual CD/VCD
  • Mendengarkan kuliah/pidato/radio di rumah dan jalan

Bagi anak-anak dengan tipe aural, bunyi/nada/lagu membawa pada sebuah emosi atau peristiwa tertentu. Apalagi jika memang sebelumnya, musik atau alunan nada tersebut memang mereka miliki beserta peristiwa atau segala sesuatu yang berada di dalamnya, meskipun mereka sedang membaca buku, mereka membutuhkan suara/musik untuk menemaninya. Bayangkan jika mereka dipaksakan tuk belajar dalam keheningan, tambahkan jika anak dengan tipeAural ini juga ternyata Kinestetik, dicekoki matematika dalam suasana ruang sunyi yang juga tertutup.

Indonesian Strong from Home

18 komentar:

  1. ohh ini yang mengandalkan pendengaran ya :)
    nice sharing!

    BalasHapus
  2. nampak sibuk banget ya, otaknya mendengas musik hehehe :)

    BalasHapus
  3. kalau masalah music pendengaran saya kurang begitu bisa merespon sobat saya gak bisa membedakan suara alat music sobat...

    BalasHapus
  4. bagi aku, music my life.. :)

    BalasHapus
  5. hidup sendiri seperti musih, ada intro, ada reff, ada-ada saja ceritanya, btw musik itu seni yang indah "nyambung gak sih " ;)

    BalasHapus
  6. Kunjungan perdana...
    makasie kunjungannya...

    baca2 dulu ah...
    Wah Mas PS-holic termasuk admin yah ?

    BalasHapus
  7. music is my way, nice share gan, salam kenal ya

    BalasHapus
  8. baca2 dulu.,

    salam kenal sobatt.,

    BalasHapus
  9. nice posting.. haha, kunjungan balik yakk :D

    BalasHapus
  10. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  11. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  12. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  13. nyampe juga saya disini :)

    BalasHapus

D'APRÈS VOUS?