Tipe Logis (Mathematical)

Anak bodoh? Hmm... pikirkan lagi Gan/Sis sebelum mengambil kesimpulan bahwa anak Agan/Sis seperti itu atau predikat-predikat miring lainnya. Anak -dalam hal ini dapat kami katakan- semuanya, terlahir dengan kecerdasannya masing-masing yang luar biasa. Itulah give dari Sang Maha Pencipta nan Maha Pemurah. Hanya saja ternyata memang diperlukan kearifan kita untuk membuka selubung misteri *halahhh yang melingkupi mereka semua.

Bermacam tipe telah kami kemukakan di sini dengan label Multiple Intelligence. Silahkan Agan/Sis gali lagi untuk mengetahui sebenarnya dimanakah potensi anak kita berada. Saat ini, pada tulisan kali ini, kita telah sampai pada tipe terakhir dari Multiple Intelligence yang ada, sebelumnya silahkan satu-persatu ditelaah agar lebih nyambung -katakanlah demikian- dari pada kita setengah-setengah. Silahkan lihat adalah; Visual, Audio, Verbal, Kinestetic, Sosial, Penyendiri dan Logis.



Tipe Logis (Mathematical) menggunakan logika, argumen, dan mencari pola keteraturan. Mereka juga senang mencari struktur dan pola dari segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Mereka pandai mencari hubungan, membuat perbandingan, memilah dan membuat klasifikasi. Tipe pembelajar logis senang melakukan pekerjaan mental/berfikir.

Secara umum dapat diambil kesimpulan bahwa tipe pembelajar Logis (Mathematical) seperti ini adalah tipikal anak yang berhasil di model belajar seperti sekolah (yang disayangkan adalah model kurikulum yang ada sekarang ini, red.). Dan seperti kita ketahui bersama pula Agan/Sis, bahwa masyarakat dewasa ini memang sangat menghargai anak logis. Adapun media maupun cara paling efektif untuk anak dengan tipe seperti ini bisa dilakukan approach sebagai berikut;


* Media dan cara belajar:

  • menggunakan buku & teori mengenai berbagai hal
  • bermain puzzle dan teka-teki
  • membuat aturan dan prosedur yang jelas
  • membuat rencana dan jadwal

Mengutip kata-kata kami sendiri yang pernah ada di salah satu tulisan kami di sini, bahwa gag ada anak yang bodoh, seorang anak itu selalu bersemangat dengan antusiasme tinggi untuk belajar, sekali lagi untuk belajar -dan bukan untuk sekolah, apalagi dengan model kurikulum yang ada seperti sekarang ini- manakala isi/materi yang ditemui dan lalu dipelajarinya itu sesuai dengan perkembangan anak tersebut.

Jika demikian rumusannya dan memang kita sepakati bersama Agan/Sis, sudah barang tentu seorang anak akan menjadi stress dan patah semangat jika yang dipelajari terlalu sulit bagi dirinya, dan sebaliknya menjadi sangat mudah bosan manakala yang dipelajarinya itu terlalu mudah baginya. Amen.

Gan/Sis.. Meminta anak secara terus menerus belajar dengan cara yang tidak sesuai dengan tipe cara belajar anak nantinya akan membuat anak tidak mampu secara maksimal menyerap isi pelajaran, sehingga anak tidak berkembang dengan maksimal. Seperti yang banyak para ahli katakan bahwa membuat mereka senang belajar adalah jauh lebih penting dari menuntut anak mau belajar supaya (apalagi) menjadi juara atau mencapai prestasi tertentu.

Anak yang bisa merasakan bahwa belajar adalah sesuatu yang menyenangkan akan mempunyai rasa ingin tahu yang besar, dan sangat mempengaruhi kesuksesan belajarnya di masa yang akan datang. Sudah barang tentu.. sebagai perpanjangan Tangan Tuhan.. peran Agan/Sis.. peran saiia.. peran kita semua sangat kuat sebagai orang tua atau seperti yang di atas telah kami sebut, sebagai orang terdekat.. dapat menjadi panutan dan tentunya.. memberikan yang terbaik untuk mereka.

19 comments:

{ cik awi } | 29 Juni 2012 23.14 mengatakan...

Anak tumbuh besar dan berkembang pemikiranya juga secara logis.

{ PS Holic } | 29 Juni 2012 23.16 mengatakan...

setuju banged kang.. makasii iia ampirannya :)

{ NF } | 29 Juni 2012 23.45 mengatakan...

ga ada anak yang bodoh, yang ada cuma anak yang ga mau belajar atau memang dia tidak interest pada hal tersebut ya :)

{ Indah Purnama } | 30 Juni 2012 00.07 mengatakan...

Suka buat jadwal, seems like I'm one of this type. Hehe-_-

{ Coretanku } | 30 Juni 2012 02.09 mengatakan...

Bermain puzle juga bikin kreatif ya sob :)

{ seniman fotografi } | 1 Juli 2012 06.35 mengatakan...

heheheh keren artikel nya, sekarang semua tergantung orangk tua nya sob....
klo orangk tua nya pinter mendidik nya pasti dia pinter....^_^

{ RB } | 2 Juli 2012 01.10 mengatakan...

nice share post

{ BlogS of Hariyanto } | 2 Juli 2012 01.12 mengatakan...

type logis ini serba perhitungan ya sobat :)

{ AuL Howler } | 2 Juli 2012 06.53 mengatakan...

Sekarang sih aku belum punya anak.
But boleh lah tau dari sekarang soal tipe-tipe ini.

hehehe

nice info ^^

{ PS Holic } | 3 Juli 2012 21.49 mengatakan...

makasii iia all :)

{ wongcrewchild } | 4 Juli 2012 05.34 mengatakan...

mncoba mnerapkan sistem pmbljaran yg cocok buat anak sprtinya btuh pndkatan ptensi anak ya sob,
nice share..

{ vie_three } | 5 Juli 2012 06.52 mengatakan...

belum punya anak, hahahaha..... baca-baca buat pengetahuan aja dech.

{ Naufal Hanif Rabbani } | 5 Juli 2012 08.43 mengatakan...

nice sob,
berguna kelak jika saya sudah punya anak :D

{ BlogS of Hariyanto } | 5 Juli 2012 16.12 mengatakan...

hadir lagi menyapa sahabat :)

{ Djangkaru Bumi } | 6 Juli 2012 18.25 mengatakan...

Belajar dibuat untuk menyenangkan bukan untuk menambah kesulitan. sangat suka dengan postingan ini.

{ SANG PEMBELAJAR } | 7 Juli 2012 21.55 mengatakan...

Artikel yang bermanfaat, thanks udah share Gan... :)
Hadir di mari, bawa oleh2 MP3 Kisah Inspiratif Bag. XV, reviewnya ditunggu Sob... Thanks,

{ obat kencing manis herbal } | 11 Juli 2012 00.23 mengatakan...

so nice thie content

{ PS Holic } | 21 Juli 2012 22.39 mengatakan...

terus mencari dan mencari

{ Aninda Naima } | 28 Juli 2012 05.24 mengatakan...

Aku belum punya anak..

tapi ini info yg bagus buat aku nanti kalo uda memiliki anak.. :D

Poskan Komentar

D'APRÈS VOUS?

The Personal Touch

love life my review Kiat memperkaya diri Indonesian Strong from Home Sufi info perangkat blog Download mp3 Quote of the day Francomania R U Multiple Intelligence Rock Awards Masjid Kita pictures Low Latent Inhibition Solusi Jakarta Download Video Masgari Muhammad Athir Ardan Rahasia Ikhlas film sahabat angga Angga Sbastian Déjà vu Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak Insan Kamil Seabrek Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kanan Anak Zuhud Alanis Morissete - MTV Unplugged (1999) Alanis Morissette - Flavors of Entanglement (2008) Amien Apa itu Déjà vu 1 Apa itu Déjà vu 2 Ayn al Qudat Be the Miracle Berbuat Baik Bruno Mars - Just The Way You Are Cinta itu Hanya Damai - Esensi David Foster Dewa 19 Dimana ku Dinar Dirham sebagai Jawaban Diri Manusia Doa Jenderal Douglas Mac Arthur Doel Sumbang Download Software Dream Theater - Live At Budokan (2004) Dream Theater - Systematic Chaos (2007) Dream Theater - Train of Thought (2003) Dunia Baru Dunia dan Imam Mahdi Eksistensi Esensi Keberadaan Fariduddin Attar - Hakim Sanai Fibrokistik Mammae Gladi Kotor Hakikat Manusia Hapuskan Mobil Hati Heterogenitas pertunjukan Dunia Ideologi Mobil Ilmu Pengetahuan Baru Irma Novrida Iron Maiden Istiqomah Jakarta Lumpuh Buang Mobil Jakarta tanpa Mobil Jalaluddin ar-Rumi Jalan Hati Jenderal Douglas Mac Arthur Jujur Junte Kasih Sayang Kecerdasan dan Anak Kejujuran Kesadaran Khalifah Allah Kista Jinak Payudara Kita (tidak) Beda Labyrinth Lathifah Makrifat Manusia Sempurna Manusia dan Tanggung Jawab MarvelKlik Mati sebelum mati Menerima adalah Kebaikan juga Nenek Make Up Tebal OST - The Dark Knight (2008) Objektif Logis Objektif Rasional Objektif Sejati One Minute Silence - Available in All Colors (1998) Peran Kita Untuk Semua Permainan Lego Poppy Mercury Puji Tuhan Raggamuffin Ramalan Joyoboyo Ramalan Ronggowarsito Ramalan Sbdo Palon Sahabat Angga - Final Sahabat Angga - Semua Tentang Kita Selamat jalan saudaraku Amien Sheryl Crow - Detours (2008) Siapa Tuhan Mu Slank Slipknot - All Hope Is Gone (2008) Sori Dori Mori Sparkling Saint - Saintronic (2008) Syekh Siti Jenar - Makna Kematian Syirik Ashghar Syirik Khofi Syirik Khofi (samar) Tanggungjawab dalam kebahagiaan Teka-Teki Einstein Tembang Kehidupan Terbuka Tesla - Times Makin' Changes Tidur Sadar Tipe Aural (Auditory - Musical) Tipe Belajar Visual Tipe Fisik (Kinesthetic) Tipe Logis (Mathematical) Tipe Penyendiri (Intrapersonal) Tipe Sosial (Interpersonal) Tipe Verbal (Linguistic) Tokoh Tragedi Tanah Serambi Mekkah 26 Desember 2004 Vicky Sianipar feat. Ikhsan Akbar - Sesal Semu Waham Within Temptation - Forgiven Zainal Arifin Zainal Arifin IUS

Pengikut

 

Copyright © 2010 Ikhlas - The Secret All Rights Reserved

Design by Dzignine