Jakarta Lumpuh, Buang Mobil

Gimana? Bisa nerima model pemikiran seperti yang kami kemukakan pada beberapa tulisan kami sebelumnya di blog ini seperti Jakarta tanpa Mobil, atau bagaimana sebenarnya Ideologi Mobil itu sesungguhnya hingga mengapa mesin kutu kupret itu mesti dicipta Gan/Sis?

Belum. Belum selesai Gan/Sis. Itu baru pemanasan. Mari kita telaah lebih lanjut mengapa saiia mengangkat mengenai Jakarta Lumpuh, Buang Mobil ini..


Lewat industri minyak itulah semua bermula. Yang perlu dilakuin cuma tinggal membuat semua orang jadi pengendara mobil. Persuasi sederhana dilancarkan. Menurunkan harga mobil dengan cara melakukan produksi massal dan membangun sektor perakitan, maka dengan sendirinya orang akan tertarik untuk membeli mobil-mobil tersebut.

Orang mulai berlomba membeli mobil, hingga kelas pekerja bahkan pengangguran (kaya) turut serta dalam propaganda tersebut. Kepada mereka telah dijanjikan keistimewaan yang hanya dapat dimiliki kaum borju, bahkan dengan cara berhutang alias nyicil mereka jabanin, yang penting punya keistimewaan untuk berkendara lebih cepat dari orang lain. "Masa orang elit doank yang punya, kita-kita yang gag elit juga bisa kalee punya :p", begitulah pembelaan mereka.

Hmm.. lalu? Apa bagusnya suatu keistimewaan jika semua orang bisa memiliki keistimewaan tersebut? Ini adalah perangkap monyet tikus. Yang lebih buruknya lagi, tiap orang gag ngerasa bahwa mereka saling diadu-domba antara satu dengan yang lainnya.

Tentu ajja pertarungan massal seperti ini -baik melalui media massa elektronik, advertising dsb- hanya akan berbuntut pada kelumpuhan. Secara nyata bisa sama-sama kita lihat di lapangan. Jakarta lumpuh di Happy Hour. Tiap orang merasa pantas untuk mengklaim haknya dalam berkendara setara dengan kecepatan kaum elit tadi, walhasil segalanya justru menjadi macet, lalu lintas kota kacau-balau, tiap orang berpikiran sama. Pada jam-jam tertentu, kecepatan rata-rata di jalan umum bahkan turun sampai di bawah level kecepatan pengguna sepeda.

Gag ada yang dapat memperbaiki keadaan seperti ini. Semua orang bicara. Semua bergulingan teriak. Gubernur kumis demi Gubernur jenggot dipilih silih berganti. Model-model janji dari mulut mereka bermacam modelnya. Semua jalan keluar dicoba. Namun semua hanya berakhir pada keadaan yang lebih buruk. Gag peduli bahwa tambahan jumlah jalur-jalur cepat, lingkar dalam maupun lingkar luar, jalan layang, jalan tol, trem, busway, subway serta semua way way metal gondrong awut-awutan lainnya.. semua dicoba.

Hasilnya? Makin mumplak! Selalu sama. Makin banyak jalan yang dibangun, makin banyak mobil yang menyumbat lajur-lajur baru tersebut. Lalu lintas makin padat bahkan lumpuh.

Selama kota-kota masih ada, masalah makin tetap gag terselesaikan, kecepatan mobil tetap gag nambah (paling-paling 10-20km/jam), padahal jalan-jalan bebas hambatan (katanya sih gitu :p) makin lebar, makin panjang dan makin menjamur.

Baca dulu ;

Ideologi Mobil
Jakarta tanpa Mobil

31 comments:

{ BlogS of Hariyanto } | 29 Juni 2012 21.09 mengatakan...

sepertinya harus ada pembatasan kepemilikan mobil...tidak seperti sekarang...satu keluarga bisa memiliki sebanyak yang mereka mau :)

{ PS Holic } | 29 Juni 2012 21.28 mengatakan...

masih tanggung kang.. hapus ajja semua, lalu sisain kendaraan umum seperti bus dll kang :(

{ Ahmad Rizal Samsi } | 29 Juni 2012 22.39 mengatakan...

hadir untuk meramaikan suasana
blogwalking

{ PS Holic } | 29 Juni 2012 22.49 mengatakan...

monggo

{ SAZLINA COMP } | 29 Juni 2012 22.59 mengatakan...

berkunjung sob
ngliat gambarnya wow padat merayap :)

salam kenal sekalian izin Follow ya sob
terima kasih sebelumnya

{ PS Holic } | 29 Juni 2012 23.07 mengatakan...

monggo kang.. makasii iia uda mampir :)

{ emmethe } | 29 Juni 2012 23.10 mengatakan...

weeh saya juga pernah baca info sperti ini ...
andai saya sistem di indonesia seperti amerika ,bahwa pemilik kendaraan ada batasanya, mungkin bisa menhindai kemacetan seprti dijakarta khususnya...

{ PS Holic } | 29 Juni 2012 23.17 mengatakan...

terus batasannya apa kang..?!?! mending buang semua atau alihkan semua.. atau juga alihkan yg namanya kota.. selama ada kota, maka mobil masii akan ada.. :(

kembali ke transportasi umum ajja :)

{ San Sinichi } | 29 Juni 2012 23.26 mengatakan...

masalah klasik bagi jakarta,..!!!

{ Darmawan Saputra } | 29 Juni 2012 23.27 mengatakan...

ikut meramaikan saja

{ basid } | 29 Juni 2012 23.33 mengatakan...

mengunjung blog anda dan sudah join this site! salam kenal pemirsa!
http://basidd.blogspot.com/

{ Muro'i El-Barezy } | 30 Juni 2012 00.22 mengatakan...

masalah memang sangat komplek gan, membuang mobil mungkin menjadi salah satunya, tapi banyak maslah lain yang perlu dibenahi, infrastruktur, peraturan, kedisipilan, yah masih banyak lagi...mumet. Alhamdulilah ane tinggal di kampung yang bebas macet, yang ada paling jalan pada rusak dan berlubang...

happy blogging:}

{ dea } | 30 Juni 2012 00.44 mengatakan...

ikut menyimak dulu ya bu !!

{ vmediakom } | 30 Juni 2012 02.07 mengatakan...

kalo warga jakarta pengen buang mobil, ane bersedia munggutin sob wkwkwkww..

{ Widodo } | 30 Juni 2012 02.28 mengatakan...

macettt

{ penyuluh perikanan } | 30 Juni 2012 04.22 mengatakan...

Jakarta memang sudah padat..............

{ Kini Aku Tau } | 30 Juni 2012 04.28 mengatakan...

hahah Alhamdulillah mas kota saya masih aman trafiknya.. namun sayang juga asal jam jam penting kadang macet juga, apalagi jumlahmotornya banyak banget

namun yaa begitulah manusia.. pas udah akhir nanti nyesal juga

{ Ilham Bachtiar } | 30 Juni 2012 05.17 mengatakan...

Kayaknya gak mungkin banget sob kalau jakarta tanpa mobil, soalnya pada matere semua #upss

{ Sundul } | 30 Juni 2012 16.29 mengatakan...

Kalau Ibu Kota Negara kita tidak segera di pindahkan te daerah yang jauh, aku yakin Jakarta pasti akan bertambah semrawut lebih parah lagi.

{ Bang Dayat } | 30 Juni 2012 19.43 mengatakan...

wahahaha, padat banget yah di jakarta..
seharusnya pemerintah itu meratakan pembangunan di setiap daerah agar tidak hanya di jakarta saja yang di padati penduduk.

{ Dadi Heryana } | 1 Juli 2012 01.57 mengatakan...

ya apapun problema jakarta, semoga saja gubernur terpilih nantinya akan mampu membenahi jakarta menjadi kota yang lebih indah. amin.

{ cerita anak kost } | 1 Juli 2012 02.39 mengatakan...

klo menurut saya ini akibat pemerintah juga, mereka mau enaknya aja menerima devisa dari prusahaan pembuat atau peng import mobil tanpa mengatur regulasi dan tata kelolanya. akhirnya setiap orang bisa beli mobil dan bisa se enaknya aja. coba kalau di pertegas, ga mungkin kaya gini. mereka cuma cari uangnya aja si... payah juga. mungkin bener juga, buang aaja tu mobil mobilnya

{ Gopar } | 1 Juli 2012 06.00 mengatakan...

permasalahan jakarta susah di ataasi ,

{ Isnan Nugrah Lastiko } | 6 Juli 2012 03.52 mengatakan...

keren2 wawasannya luas nih..

btul jg kalo d pkir2 kalangan menengah bawah pun di jabanin buat nyicil mesin kutu kupret ini ..

wakkwk.. komunitas semut pun kalah kalo kita liat kemacetan JALANAN !

{ tasbih cantik } | 8 Juli 2012 20.35 mengatakan...

khusus jakarta, naikan aja pajak kendaraanya setinggi langit, pasti warganya males punya kendaraan...
tp ide ini khusus jakarta ya, klo kota ane jangan naik hehheeeeehh...

{ PS Holic } | 10 Juli 2012 21.49 mengatakan...

nii hari H nii

{ Puspitasari } | 15 Juli 2012 04.29 mengatakan...

Setiap 1 KM jalan di Jakarta ditambahkan, maka akan diikuti oleh pertumbuhan jumlah kendaraan yang lebih parah juga... :)

Semoga segera ada solusi...

Puspitasari
Rahasia-Wanita-Indonesia.blogspot.com

{ PS Holic } | 21 Juli 2012 22.39 mengatakan...

ea itu tadi mbak.. apus mobil pribadi :(

{ Akhmad Muhaimin Azzet } | 1 Agustus 2012 18.58 mengatakan...

Jamannya kuliah dulu, tahun '90an, saya pernah ke Jakarta. Itu pun sudah kerasa sekali padatnya. Apalagi sekarang? Hmmm.... Kapan bisa terurai dengan baik.

{ PS Holic } | 13 November 2012 21.11 mengatakan...

jika otak manusia jakarta uda mulai terurai barangkali kang ;(

{ Hon BookStore } | 25 Juni 2013 00.40 mengatakan...

Jakarta emang kota terpadat dan terpolusi ketiga di dunia setelah Mexico City dan Bangkok :(

Makasih infonya!! Salam kenal!!

Silahkan kunjungi dan pilih2 buku di Hon Book Store
Dapatkan diskon gede2an hingga 15% :D

http://www.honbookstore.com/

Poskan Komentar

D'APRÈS VOUS?

The Personal Touch

love life my review Kiat memperkaya diri Indonesian Strong from Home Sufi info perangkat blog Download mp3 Quote of the day Francomania R U Multiple Intelligence Rock Awards Masjid Kita pictures Low Latent Inhibition Solusi Jakarta Download Video Masgari Muhammad Athir Ardan Rahasia Ikhlas film sahabat angga Angga Sbastian Déjà vu Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak Insan Kamil Seabrek Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kanan Anak Zuhud Alanis Morissete - MTV Unplugged (1999) Alanis Morissette - Flavors of Entanglement (2008) Amien Apa itu Déjà vu 1 Apa itu Déjà vu 2 Ayn al Qudat Be the Miracle Berbuat Baik Bruno Mars - Just The Way You Are Cinta itu Hanya Damai - Esensi David Foster Dewa 19 Dimana ku Dinar Dirham sebagai Jawaban Diri Manusia Doa Jenderal Douglas Mac Arthur Doel Sumbang Download Software Dream Theater - Live At Budokan (2004) Dream Theater - Systematic Chaos (2007) Dream Theater - Train of Thought (2003) Dunia Baru Dunia dan Imam Mahdi Eksistensi Esensi Keberadaan Fariduddin Attar - Hakim Sanai Fibrokistik Mammae Gladi Kotor Hakikat Manusia Hapuskan Mobil Hati Heterogenitas pertunjukan Dunia Ideologi Mobil Ilmu Pengetahuan Baru Irma Novrida Iron Maiden Istiqomah Jakarta Lumpuh Buang Mobil Jakarta tanpa Mobil Jalaluddin ar-Rumi Jalan Hati Jenderal Douglas Mac Arthur Jujur Junte Kasih Sayang Kecerdasan dan Anak Kejujuran Kesadaran Khalifah Allah Kista Jinak Payudara Kita (tidak) Beda Labyrinth Lathifah Makrifat Manusia Sempurna Manusia dan Tanggung Jawab MarvelKlik Mati sebelum mati Menerima adalah Kebaikan juga Nenek Make Up Tebal OST - The Dark Knight (2008) Objektif Logis Objektif Rasional Objektif Sejati One Minute Silence - Available in All Colors (1998) Peran Kita Untuk Semua Permainan Lego Poppy Mercury Puji Tuhan Raggamuffin Ramalan Joyoboyo Ramalan Ronggowarsito Ramalan Sbdo Palon Sahabat Angga - Final Sahabat Angga - Semua Tentang Kita Selamat jalan saudaraku Amien Sheryl Crow - Detours (2008) Siapa Tuhan Mu Slank Slipknot - All Hope Is Gone (2008) Sori Dori Mori Sparkling Saint - Saintronic (2008) Syekh Siti Jenar - Makna Kematian Syirik Ashghar Syirik Khofi Syirik Khofi (samar) Tanggungjawab dalam kebahagiaan Teka-Teki Einstein Tembang Kehidupan Terbuka Tesla - Times Makin' Changes Tidur Sadar Tipe Aural (Auditory - Musical) Tipe Belajar Visual Tipe Fisik (Kinesthetic) Tipe Logis (Mathematical) Tipe Penyendiri (Intrapersonal) Tipe Sosial (Interpersonal) Tipe Verbal (Linguistic) Tokoh Tragedi Tanah Serambi Mekkah 26 Desember 2004 Vicky Sianipar feat. Ikhsan Akbar - Sesal Semu Waham Within Temptation - Forgiven Zainal Arifin Zainal Arifin IUS

Pengikut

 

Copyright © 2010 Ikhlas - The Secret All Rights Reserved

Design by Dzignine