Manusia menghisap, Tuhan menghisab

Sebelum pergi menghadap Tuhan Yang Maha Esa kembali, Jenderal besar Sarwo Edhie Wibowo menuturkan nasihat luar biasa yang beliau kutip dari filosopi Jawa : Ojo Kaget dan Ojo Dumeh! Sudah cukup lama beliau meninggal, tapi nasihat itu terus terngiang-ngiang.

Mungkin karena saiia tergolong orang yang sukar melaksanakan hal itu. Saiia ini kagetan dan gumunan, karena itu jadinya sering dumeh terhadap suatu hal. Orang yang dumeh adalah orang yang sempit, dan orang sempit itu gampang kaget kalau ada apa-apa.

Misalnya kalau melihat komputer, saiia gumun bukan main.. Ko' bisa-bisanya kaleng yang cuma dicolokin listrik menggantikan sumber informasi bacaan yang di amini jutaan bahkan milyaran umat di dunia ini. Bayangkan kekhawatiran perusahaan-perusahaan koran yang lahan mereka digarap abis-abisan oleh kaleng satu ini. Nonton tipi sering saiia luput dari acaranya yang bagus-bagus karena konsentrasi saiia terseret kepada imaji tentang tekhnologi tipi yang fantastis itu sendiri. Bayangkan, ada orang gila di JW Marriot sama Ritz Carlton yang gag bosen2nya pamer, show of force meluluh-lantakkan pilar-pilar bangunan materialis kaum hedonis tersebut, padahal hotel itu pernah merasakan hal serupa, pernah mereka gejrot dengan kembang api yang sama beberapa waktu yang lalu, nah itu sedang terjadi, detik itu pula kita bisa menyaksikan kubangan asap hitam hasil olah tangan mereka itu melalui kaleng elektronik itu juga... Itu salah satu amsal, lainnya, Mike Tyson gebuk-gebukkan detik ini di Atlantic City misalnya, detik ini juga langsung kita lihat di sini. Ko' bisa. Sedangkan jithok saiia sendiri saiia gag bisa lihat.

Maka, ketika pada suatu hari saiia masuk pabrik, diri saiia akan hilang, lenyap, yang tinggal hanya guman dan gumun belaka.

Coba toh... jangankan pabrik yang begitu canggih, sambel ajja saiia gumun. Ko' bisa-bisanya orang dulu menemukan harmoni antara lombok dan brambang dengan garam dll menjadi makanan masterpiece segala zaman. Bagaimana dulu caranya tajribah atawa risetnya? Siapa dulu yang pertama kali nyoba-nyoba lombok dan berada di generasi yang dibutuhkan untuk sampai pada ramuan sambel itu. Sayang tak ada sejarahwan yang tahu siapa penemu sambel. Mungkin Ki Sambel atau Nyi Sambel. Abad berapa ditemukan, bagaimana tahap transformasi dari sambel ini ke sambel itu dan seterusnya. Amal jariyah si penemu sambel sangatlah besar. Apakah manusia abad 21 ada yang spektakuler prestasinya sebanding dengan invansi sambel?

Kita sekarang hanya pintar beli motor baru, nonton blue film, bikin arisan, asyik-masyuk intercom-an kek, HP-an kek, 3G-an kek, blekberi-an kek, toke' kek, pacaran di tempat-tempat ibadah, bonceng sana bonceng sini dengan mengumbar -maaf- body semok garis pantat kemana-mana, (kena gag nii tembakan kiwot gw?!??! wkwkwkwk...) wedus.. dan lain-lain dan lain-lain. Padahal kalau kita mau riset, siapa tahu daun waru, kulit trembesi atau daun krokot ternyata enak dicampur daging trenggiling atau biawak yang mati ketabrak kereta. Lol.

Poko'nya saiia gumun betul sama kekayaan alam semesta ini serta pada kreatifitas manusia. Pabrik yang saiia datangi itu membuat alat-alat cetak. Sederhana ajja. Misalnya plastik wadah shampoo, itu alat cetaknya dibuat di sana. Puncak kegumunan saiia adalah bahwa untuk mencetak alat cetak itu perangkatnya punya tingkat ketelitian sampai sepersepuluh ribu milimeter.

Ada yang sejuta kali lebih besar dari jagat raya, ada yang sejuta kali lebih kecil dari atom dan tekhnologi kita kelak mungkin mencapai pengetahuan tentang itu. Kalau sudah sampai ke tingkat sepermiliar atom, mungkin itu yang disebut elemen ruh.

Hati bergetar. Dengan mata telanjang sebenarnya kita ini belum tahu apa-apa. Terhadap materi ajja tingkat ketelitian kita masih parah. Rendah. Maka betapa mulia para ahli tekhnik, asalkan kalian gag mempergunakan tingkat ketelitian kalian merakit peledak dan mengguncang-guncang Indonesia sekarat ini!

Apalagi terhadap yang nonmateri, yang ruhaniah, yang kualitatif, yang spiritual. Kalau manusia bisa mencapai ilmu dengan tingkat ketelitian sepersepuluh ribu milimeter, maka berapa pula tingkat ketelitian sang Khaliq!



foto2 terkait kejadian
Karena itu saiia gag bole dumeh kepada orang lain. Gag bole gampang curiga, menajiskan, mengkafirkan atawa mengkutuk perilaku orang lain dan setiap kemunculan gejala dari orang lain. Sebab tingkat ketelitian kita rendah.
Insaflah wahai para pemain kembang api di luar sana, ingat bahwa semua itu ada balasnya. Kita sebenernya tahu amatlah sangat sedikit.
Saiia, kamu, kalian ahli tekhnik perakit kabel-kabel pemberi hidup aliran listrik zaman... juga gag bole menghisap orang lain dalam bentuk yang sesamar apapun dan dalam takaran yang sekecil apapun, sebab Allah menghitung setiap perbuatan kita. Allah menghisab setiap
butir udara nafas kita dengan ketelitian yang MAHA.




Sumber gambar letak kanan, berasal dari sini.


Indonesia kembali berduka. Damn tukang petasan gajebo!

70 komentar:

  1. memang betul....dengan latihan dan pengalaman, maka sifat "ojo dumeh" akan terbentuk...tentu saja dengan niat yang ikhlas dan penuh istiqomah

    BalasHapus
  2. Ojo dumeh, adalah filosofi orang jawa yang sangat bagus
    sebagai semboyan, bahwa di atas langit masih ada langit.

    oleh karena itu kita diingatkan agar jangan sombong

    BalasHapus
  3. aku blog walking dari tadi ternyata ada bacaan seger disini...

    Saya setuju mas. menurut aku pengetahuan yang di karuniai yang maha kuasa jika di salah gunakan untuk mencelakakan/murugikan orang akan mendapatkan karma yang berat.

    BalasHapus
  4. tujuan utama teroris itu untuk membuat ketidak stabilan negara. orang mati dan bangunan yang hancur itu sebagai efek lain dari perbuatan tersebut

    BalasHapus
  5. Indonesia gak pernah terbebas dari masalah berat...

    BalasHapus
  6. mas, perenunganmu ttg aja gumunan, aja kagetan lan aja dumeh pas banget. 3 falsafah ini mestinya bisa dilakukan oleh orang2 yg beradab. gumunan lan kagetan boleh saja, tp jangan lama2.. tp klo aja dumeh-nya diuja...dibiarkan... rusaklah tatanan praja..
    btw, aku yo gumun... tulisanmu iki apik tenan he..he..

    BalasHapus
  7. Bagoos sekali ini posting, sayah juga turut prihatin dan menyayangkan semua perbuatan suatu golongan manusia yg tak bertanggung jawab atas perbuatan dng berani menggorbankan banyak nyawa orang laen. terkutuklah pelaku yg membawak kembang api.

    BalasHapus
  8. turut berduka cita yang sedalam2nya

    BalasHapus
  9. uhmm... kiwordnya gak kena deh kayaknya mas :p

    abis ada make blue film.. wkekekek.. sekarang lagi musim laser disc.. wakakkaka :p

    BalasHapus
  10. ternyata makhluk yg berujud manusia ini masih ada (mungkin banyak) yg blm menjadi manusia ya...

    BalasHapus
  11. Aku nggumun nek tulisane 18 Juli urung ana, padahal ana bom lho mas

    BalasHapus
  12. Hehehe, sebelom komen mo nanya, emang JW Marriot yg ini sama dengan JW Marriot yg di bom pertama ya?? hihihi :D

    Deep condolence to all the victims
    Fu*k to all terorism...

    BalasHapus
  13. Mungkin orang yang tidak heran dengant tegnologi ini karena sudah tergbiasa dengan hal tersebut, dan sudah menjadi kebiasaan setiap hari, jadi tidak heran,
    tapi padahal kalo dipikir, banyak orang yang tidak tau prosesnya seperti apa kok bisa menjadi seperti itu, harusnya heran dengan tegnologi!
    Stop
    Dreaming Start Action

    BalasHapus
  14. Pesan Rosulullah terakhir..

    Umatku.. Umatku.. Umatku..

    Wooow.. semakin nyata.. apa yang terjadi dengan Umat

    Salam Sayang

    BalasHapus
  15. mampir.. maaf blum bisa komen serius nih.. otak gi ga nyambung...

    BalasHapus
  16. turut berduka cita atas peristiwa ledakan bom tersebut, semoga pelaku ataupun pihak lain yang ikut andil di dalamnya dapat ganjaran setimpal.

    BalasHapus
  17. cuma bisa terdiam aja nie kang :)

    nda bisa komenk apa - apa :)

    BalasHapus
  18. PRof juga masih Ngggumunan....

    BalasHapus
  19. Ojo dumeh wis iso njeblug-ke hotel loro, kuwalat kowe uwong sing njeblug-ke hotel iku, utek-ke podo njeblug ora dhuwe perasaan.... kan yo sing kena sedhulur-sedhulur sebangsa....

    BalasHapus
  20. masya alloh...moga baiklah esok hari...

    BalasHapus
  21. tp dengan adanya bom di jakarta kemarin sy kok masih gumun, msh ada org yg begitu tega menyakiti org lain

    BalasHapus
  22. @ all : ^:)^ maaf banget karena baru bisa bls jam segini... kalian semua membuat daku terharu... daku ucapkan milyaran terimakasih atas kehadirannya... banyak hal kita gag duga ternyata berlaku kebalikannya... hari ini kalian membuktikan bahwa prasangka saiia selama ini salah... terimakasih yang sedalam-dalamnya...

    turut berbela sungkawa atas korban JW Marriot & Ritz Carlton, semoga Indonesia semakin besar atas kejadian demi kejadian yang lebih banyak buruknya ketimbang baiknya :(

    BalasHapus
  23. Pertanyaan apa mas genial???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????bls

    BalasHapus
  24. Siip sob, ane juge gumun tu, nape ya yg sekarat di timpug jg

    BalasHapus
  25. ojo dumeh, ayo sekarang hilangkan sifat ojo dumeh biar dunia damai

    BalasHapus
  26. otak manusia silahkan berkreasi selama tidak merugikan yang lain.. dan kadangkala rasa arogan akan kemampuan menimbulkan perbuatan yang tak pantas.. bisa buat kembang api saja sudah pengen menjadi superstar walaupun dengan julukan yang tak sopan..

    BalasHapus
  27. @ Susah Jadi Manusia : maaf bru smpt liad :( pertanyaan telah di layangkan lewat surat pembaca kang :)
    @ J-T : aturan timpug ajj tu anjing :(
    @ Cerita Tugu : ayooo kang ayooo!!!
    @ kucrit : iia kang ... cuma titik di tengah samudra ajja mo blagu2 :(

    BalasHapus
  28. Susah juga jadi manusia beneran, para pelaku bom itu pasti bukan lagi manusia.

    BalasHapus
  29. kira2 kita uda jd manusia beneran lom kang???

    BalasHapus
  30. againts terorism.
    anjrit tuh yang ngebom!!!
    ayam!!!!

    BalasHapus
  31. sekalian,
    ada yang baru di tempatku koment yak!!
    MHUAHAHAHAHAHHAHA (PAKE CAPSLOCK BUKAN SHIFT!)

    hehehe.
    biar nyepam.
    :D

    BalasHapus
  32. Aku sedih...
    Karena banyak orang yg jadi korban... Korban meninggal dan luka2... Juga korban para penggemar MU yg gagal menonton MU di Senayan (termasuk diriku, hiks...)

    BalasHapus
  33. di langit masih ada langit setuju. ;) ojo dumeh blm rada taw jawa halus ;)

    manusia og ya menghapus nyawa yah?

    mana indonesia udah ketinggalam n mau maju dirusakin trs

    BalasHapus
  34. selamat malem sahabat blogger wah bahagia saya hari ini report TA lancar dan nambah info ditempat sahabat.

    :) baru nntn hary potter di trans tv bagus

    BalasHapus
  35. @ Andie Gokil : sebut ajja semuanya ndi!!! wkwkwkwkwkwkwk
    @ Ariyanti : mba' kita satu ini ternyata emang bener2 penuh kejutan, blm lama mslh musik, sekarang ternyata maniac juga sama bola :p mangstabsss!!!
    @ Awal Sholeh : 1 bom merusak susu sebelanga kang :(
    TA?!?!?! TA apan lg tu kang?!?!?! Traffic Agent?! duhh odong2 nii :(
    turut seneng deyh buat kang Awal :thumbsup:

    BalasHapus
  36. SAlam kenal sek barang kali durung kenal

    BalasHapus
  37. yg sbentar-bentar kaget, brarti terlalu reaktif. SBY terkadang terlalu reaktif, gak setegar mertuanya... peace man...

    BalasHapus
  38. aku juga masih bingung tuh tentang asal usul sambal...? mudah mudahan deh jangan ada penyalagunaan teknologi lagi yang ditujukan untuk kejahatan dan semoga juga peristiwa bom bunuh diri nggak terjadi lagi di indonesia.. amin ! thanks ya

    BalasHapus
  39. selamat sore....kali ini saya datang dan ingin sekedar menyapa genial.......

    BalasHapus
  40. Kalo kita pikir sejenak, segala sesuatu yang kita nikmati sekarang ini mulai dari makanan sampe teknologi pasti selalu bikin "gumun"

    gimana caraorang2 dulu menemukannya.

    Salam kenal juga, mas

    BalasHapus
  41. Saya juga orangnya gumunan tenan Sob, membaca tulisan Genial yang indah ini juga saya nggumun tenan, sambil berguman, 'Hebat bener Sobatku ini'.

    Bom yang bisa membunuh sekian banyak orang itu juga membuat saya gumun, gumun bagaimana cara membuatnya, gumun bagaimana kinerja pengamanan, gumun kok tega2 orang melakukan itu, gumun kenapa ini terjadi untuk yang kesekian kali :(

    BalasHapus
  42. @ Kuliah Gratis : salam kenal juga :) (padahal saiia sering ke rumahnya tuhh :( gpp lah...)
    @ gaelby : pis men
    @ angga chen : amen
    @ Susah Jadi Manusia : sore bos... wuihhh tulisan terbarunya berat beud boss :( telekinetik?!?!?
    @ Anthony Harman : sesekali jangan hanya sejenak mikirnya gmn kang?!?!?
    @ Seno : mari kita gumun bersama :( pusing nii saiia nya jd nya :(

    mudah2n lah gag ada lagi peristiwa2 mengejutkan yg membawa kerugian bagi ummat manusia baik di bumi, langit, planet pluto atawa di galaksi laennya dahh... pusiiinggg!!!

    BalasHapus
  43. yayayayaaaa..... jadilah manusia seutuhnya.... tak perlu bermonolog yaaaaaaaaaaaa........ hahahahaha....... salam ikhlas...

    BalasHapus
  44. abisnya napsuin sii kang :)

    BalasHapus
  45. banyak istilah jawa yang aku ngga tau nih mas? :D

    dumeh itu apa yak? hehe..
    tapi kalo dari tulisan masnya soal pabrik canggih dan sambel, keknya dumeh ngga buruk2 amat ya.
    Rasa ingin tau kan tanda2 orang cerdas ;)

    BalasHapus
  46. Manusia memang begitu, ada saatnya begitu lugu namun kemudian lupa diri dan tak ingat lagi pada Tuhan.

    Semoga kita semua dijauhkan dari sikap seperti itu.

    BalasHapus
  47. waktu kuliah dulu, pernah dikasih tugas sama dosen buat paper soal ojo dumeh.. gara2nya dosennya ngambek sama kelas kita dan baru mau ngajar lagi setelah semua papernya dikumpulin :-D

    BalasHapus
  48. sombong hanya milik Tuhan..bener gak sobatku, panjang tapi menarik artikelnya walaupun rasa pusing bacanya...:) ok sukses selalu ya

    BalasHapus
  49. Mampir di siang bolong sob, semoga membawa berkah..

    BalasHapus
  50. Ojo dumeh,... postingan ini membuat saya berpikir.
    "terkadang manusia tidak memiliki hati nuraninya, yang muncul hanya animal facenya"

    BalasHapus
  51. Ojo dumeh,... postingan ini membuat saya berpikir.
    "terkadang manusia tidak memiliki hati nuraninya, yang muncul hanya animal facenya"

    BalasHapus
  52. assalamualaikum,
    meski terlambat sy turut berduka cita atas para korban ledakan bom di jkt. mdh2an jgn terulang
    wassalam

    BalasHapus
  53. Mungkinkah Tuhan mulai bosan.. apdeeeeeeeeeeettt.. wakaaakakakak
    Salam Sayang

    BalasHapus
  54. kang... wkwkwkwkwkwkwkwwkkwkkkkkk...

    BalasHapus
  55. turut berduka bro, moga kejadian ini yang terakhir kali.
    Btw,sambal ABC kan dari Palembang bro?apa ada sambal yang lain? heheh

    BalasHapus
  56. Sebenere aku agak terpaksa komeng di BS mas ^O^, karena apa? USB Modemku superlemot abis. Tapi ya ini nekad ajah. Kalopun aku mau masuk komeng ke BS, paling nitip SMS di SMnya.
    ===============================
    Mohon mangap nek iki dumeh :D

    BalasHapus
  57. Disetiap kejadian, dalam persepsi /pribadi pasti ada hal baik dan buruknya, kesimpulan yang kita keluar berdasarkan input data yang masuk, semakin banyak data yang masuk semakin dekat memahami maksud yang terjadi, detik ini kita mem-persepsi buruk, semenit, sejam, atau beberapa hari kemudian ternyata kita menemukan hal yang bermanfaat dari kejadian itu, itulah yang baik menurut kita belum tentu baik menurut Sang Kholiq, dan sebaliknya, jika kita ada dalam jalan Nya, ini pasti adalah sekenario besar yang Allah rencanakan untuk kita menjadi lebih baik. Kita hanya bisa berdo'a dan merenungi, semoga semuanya merupakan rencana 'TERBAIK'-NYA untuk kita semua, amiiin......
    salam u/ kel. kang

    BalasHapus
  58. punten ... saya mo tanya, PERTAMAXXX , apa artinya kamg, he he he ( pengen tau aja !!??)
    nuhun

    BalasHapus
  59. akang bener banget u kang asli dahhh :) mangstabs suratabs!!

    mengenai pertanyaan selipan, sudah saiia reply di blognya kang... makasih udah mampir :)

    BalasHapus
  60. Dumeh, neko-neko, gumedhe, takabur, zalim...Yah apalah yg artinya mirip-mirip. Itu adalah penyakit hati manusia. Ya memang nunggu dihisab tuhan nantinya...

    BalasHapus
  61. @ FB : ting
    @ Edwin : itu jalannya lancar kang yg bgtu :p
    @ Komputer Grafis : sama kang :( gmn dund?!?!?

    BalasHapus
  62. wahh kakak suka meratiin yang boncengan motor nehh:P awas ngilerrr batal puasanya lohh*akbur mode ON*

    kalo menurut Tia sih... sekarang bayak orang2 pinter yang keblinger.. jadi lupa ama jati diri dan harmonisasi dengan seluruh ciptaan Allah ^benerin kacamata dolo^ mereka jadi egois dan narsiz untuk hal2 yang nga jelas dan untuk kepentingan yang nga jelas juga.. pokonya nga perduli ama kepentingan orang lain.. padahal kan kalo mereka mo lebih perduli... nga akan ada yang tega mengakiti orang lain,.. nga bakal ada peperangan.. ahh nga tau deh.. Tia jadi ilfill

    bagi somaynya lagi dunk kak *ngarep mode ON*

    Sharing Tips

    BalasHapus
  63. huahahhahah... pratiin ajja nii Tia.. jd gag enag... canggih tuu Ti yang Tia bilang... Ti.. uda saur?!??! ada choki-choki nii.. mau?!?!?

    BalasHapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  65. Nice post here brow....,membri perenungan brharga tuk kita semua nih.

    BalasHapus

D'APRÈS VOUS?