Manusia menghisap, Tuhan menghisab

Sebelum pergi menghadap Tuhan Yang Maha Esa kembali, Jenderal besar Sarwo Edhie Wibowo menuturkan nasihat luar biasa yang beliau kutip dari filosopi Jawa : Ojo Kaget dan Ojo Dumeh! Sudah cukup lama beliau meninggal, tapi nasihat itu terus terngiang-ngiang.

Mungkin karena saiia tergolong orang yang sukar melaksanakan hal itu. Saiia ini kagetan dan gumunan, karena itu jadinya sering dumeh terhadap suatu hal. Orang yang dumeh adalah orang yang sempit, dan orang sempit itu gampang kaget kalau ada apa-apa.

Misalnya kalau melihat komputer, saiia gumun bukan main.. Ko' bisa-bisanya kaleng yang cuma dicolokin listrik menggantikan sumber informasi bacaan yang di amini jutaan bahkan milyaran umat di dunia ini. Bayangkan kekhawatiran perusahaan-perusahaan koran yang lahan mereka digarap abis-abisan oleh kaleng satu ini. Nonton tipi sering saiia luput dari acaranya yang bagus-bagus karena konsentrasi saiia terseret kepada imaji tentang tekhnologi tipi yang fantastis itu sendiri. Bayangkan, ada orang gila di JW Marriot sama Ritz Carlton yang gag bosen2nya pamer, show of force meluluh-lantakkan pilar-pilar bangunan materialis kaum hedonis tersebut, padahal hotel itu pernah merasakan hal serupa, pernah mereka gejrot dengan kembang api yang sama beberapa waktu yang lalu, nah itu sedang terjadi, detik itu pula kita bisa menyaksikan kubangan asap hitam hasil olah tangan mereka itu melalui kaleng elektronik itu juga... Itu salah satu amsal, lainnya, Mike Tyson gebuk-gebukkan detik ini di Atlantic City misalnya, detik ini juga langsung kita lihat di sini. Ko' bisa. Sedangkan jithok saiia sendiri saiia gag bisa lihat.

Maka, ketika pada suatu hari saiia masuk pabrik, diri saiia akan hilang, lenyap, yang tinggal hanya guman dan gumun belaka.

Coba toh... jangankan pabrik yang begitu canggih, sambel ajja saiia gumun. Ko' bisa-bisanya orang dulu menemukan harmoni antara lombok dan brambang dengan garam dll menjadi makanan masterpiece segala zaman. Bagaimana dulu caranya tajribah atawa risetnya? Siapa dulu yang pertama kali nyoba-nyoba lombok dan berada di generasi yang dibutuhkan untuk sampai pada ramuan sambel itu. Sayang tak ada sejarahwan yang tahu siapa penemu sambel. Mungkin Ki Sambel atau Nyi Sambel. Abad berapa ditemukan, bagaimana tahap transformasi dari sambel ini ke sambel itu dan seterusnya. Amal jariyah si penemu sambel sangatlah besar. Apakah manusia abad 21 ada yang spektakuler prestasinya sebanding dengan invansi sambel?

Kita sekarang hanya pintar beli motor baru, nonton blue film, bikin arisan, asyik-masyuk intercom-an kek, HP-an kek, 3G-an kek, blekberi-an kek, toke' kek, pacaran di tempat-tempat ibadah, bonceng sana bonceng sini dengan mengumbar -maaf- body semok garis pantat kemana-mana, (kena gag nii tembakan kiwot gw?!??! wkwkwkwk...) wedus.. dan lain-lain dan lain-lain. Padahal kalau kita mau riset, siapa tahu daun waru, kulit trembesi atau daun krokot ternyata enak dicampur daging trenggiling atau biawak yang mati ketabrak kereta. Lol.

Poko'nya saiia gumun betul sama kekayaan alam semesta ini serta pada kreatifitas manusia. Pabrik yang saiia datangi itu membuat alat-alat cetak. Sederhana ajja. Misalnya plastik wadah shampoo, itu alat cetaknya dibuat di sana. Puncak kegumunan saiia adalah bahwa untuk mencetak alat cetak itu perangkatnya punya tingkat ketelitian sampai sepersepuluh ribu milimeter.

Ada yang sejuta kali lebih besar dari jagat raya, ada yang sejuta kali lebih kecil dari atom dan tekhnologi kita kelak mungkin mencapai pengetahuan tentang itu. Kalau sudah sampai ke tingkat sepermiliar atom, mungkin itu yang disebut elemen ruh.

Hati bergetar. Dengan mata telanjang sebenarnya kita ini belum tahu apa-apa. Terhadap materi ajja tingkat ketelitian kita masih parah. Rendah. Maka betapa mulia para ahli tekhnik, asalkan kalian gag mempergunakan tingkat ketelitian kalian merakit peledak dan mengguncang-guncang Indonesia sekarat ini!

Apalagi terhadap yang nonmateri, yang ruhaniah, yang kualitatif, yang spiritual. Kalau manusia bisa mencapai ilmu dengan tingkat ketelitian sepersepuluh ribu milimeter, maka berapa pula tingkat ketelitian sang Khaliq!



foto2 terkait kejadian
Karena itu saiia gag bole dumeh kepada orang lain. Gag bole gampang curiga, menajiskan, mengkafirkan atawa mengkutuk perilaku orang lain dan setiap kemunculan gejala dari orang lain. Sebab tingkat ketelitian kita rendah.
Insaflah wahai para pemain kembang api di luar sana, ingat bahwa semua itu ada balasnya. Kita sebenernya tahu amatlah sangat sedikit.
Saiia, kamu, kalian ahli tekhnik perakit kabel-kabel pemberi hidup aliran listrik zaman... juga gag bole menghisap orang lain dalam bentuk yang sesamar apapun dan dalam takaran yang sekecil apapun, sebab Allah menghitung setiap perbuatan kita. Allah menghisab setiap
butir udara nafas kita dengan ketelitian yang MAHA.




Sumber gambar letak kanan, berasal dari sini.


Indonesia kembali berduka. Damn tukang petasan gajebo!

70 comments:

{ nurrahmanarif } | 17 Juli 2009 15.20 mengatakan...

memang betul....dengan latihan dan pengalaman, maka sifat "ojo dumeh" akan terbentuk...tentu saja dengan niat yang ikhlas dan penuh istiqomah

{ Itik Bali } | 17 Juli 2009 15.33 mengatakan...

Ojo dumeh, adalah filosofi orang jawa yang sangat bagus
sebagai semboyan, bahwa di atas langit masih ada langit.

oleh karena itu kita diingatkan agar jangan sombong

{ edylaw } | 17 Juli 2009 15.35 mengatakan...

aku blog walking dari tadi ternyata ada bacaan seger disini...

Saya setuju mas. menurut aku pengetahuan yang di karuniai yang maha kuasa jika di salah gunakan untuk mencelakakan/murugikan orang akan mendapatkan karma yang berat.

{ my blog 4 famouser dot com } | 17 Juli 2009 15.48 mengatakan...

tujuan utama teroris itu untuk membuat ketidak stabilan negara. orang mati dan bangunan yang hancur itu sebagai efek lain dari perbuatan tersebut

{ Bisnis Online } | 17 Juli 2009 16.03 mengatakan...

Indonesia gak pernah terbebas dari masalah berat...

{ guskar } | 17 Juli 2009 17.00 mengatakan...

mas, perenunganmu ttg aja gumunan, aja kagetan lan aja dumeh pas banget. 3 falsafah ini mestinya bisa dilakukan oleh orang2 yg beradab. gumunan lan kagetan boleh saja, tp jangan lama2.. tp klo aja dumeh-nya diuja...dibiarkan... rusaklah tatanan praja..
btw, aku yo gumun... tulisanmu iki apik tenan he..he..

{ rizky } | 17 Juli 2009 17.23 mengatakan...

Bagoos sekali ini posting, sayah juga turut prihatin dan menyayangkan semua perbuatan suatu golongan manusia yg tak bertanggung jawab atas perbuatan dng berani menggorbankan banyak nyawa orang laen. terkutuklah pelaku yg membawak kembang api.

{ Quinie } | 17 Juli 2009 17.42 mengatakan...

turut berduka cita yang sedalam2nya

{ coffeeoriental } | 17 Juli 2009 18.13 mengatakan...

uhmm... kiwordnya gak kena deh kayaknya mas :p

abis ada make blue film.. wkekekek.. sekarang lagi musim laser disc.. wakakkaka :p

{ Acha } | 17 Juli 2009 19.13 mengatakan...

ternyata makhluk yg berujud manusia ini masih ada (mungkin banyak) yg blm menjadi manusia ya...

{ Wandi thok } | 17 Juli 2009 20.57 mengatakan...

Aku nggumun nek tulisane 18 Juli urung ana, padahal ana bom lho mas

{ Shien Maw } | 17 Juli 2009 21.15 mengatakan...

Hehehe, sebelom komen mo nanya, emang JW Marriot yg ini sama dengan JW Marriot yg di bom pertama ya?? hihihi :D

Deep condolence to all the victims
Fu*k to all terorism...

{ Iklan Baris } | 17 Juli 2009 21.34 mengatakan...

Mungkin orang yang tidak heran dengant tegnologi ini karena sudah tergbiasa dengan hal tersebut, dan sudah menjadi kebiasaan setiap hari, jadi tidak heran,
tapi padahal kalo dipikir, banyak orang yang tidak tau prosesnya seperti apa kok bisa menjadi seperti itu, harusnya heran dengan tegnologi!
Stop
Dreaming Start Action

{ KangBoed } | 17 Juli 2009 22.09 mengatakan...

Pesan Rosulullah terakhir..

Umatku.. Umatku.. Umatku..

Wooow.. semakin nyata.. apa yang terjadi dengan Umat

Salam Sayang

{ ♥ Neng Aia ♥ } | 17 Juli 2009 22.34 mengatakan...

mampir.. maaf blum bisa komen serius nih.. otak gi ga nyambung...

{ Henny Y.Caprestya } | 17 Juli 2009 22.37 mengatakan...

turut berduka cita atas peristiwa ledakan bom tersebut, semoga pelaku ataupun pihak lain yang ikut andil di dalamnya dapat ganjaran setimpal.

{ nara } | 17 Juli 2009 23.31 mengatakan...

cuma bisa terdiam aja nie kang :)

nda bisa komenk apa - apa :)

{ PRof } | 18 Juli 2009 00.02 mengatakan...

PRof juga masih Ngggumunan....

{ Tukang Komen } | 18 Juli 2009 00.19 mengatakan...

Ojo dumeh wis iso njeblug-ke hotel loro, kuwalat kowe uwong sing njeblug-ke hotel iku, utek-ke podo njeblug ora dhuwe perasaan.... kan yo sing kena sedhulur-sedhulur sebangsa....

{ buwel } | 18 Juli 2009 01.09 mengatakan...

masya alloh...moga baiklah esok hari...

{ sekartaji } | 18 Juli 2009 02.40 mengatakan...

tp dengan adanya bom di jakarta kemarin sy kok masih gumun, msh ada org yg begitu tega menyakiti org lain

{ genial } | 18 Juli 2009 04.18 mengatakan...

@ all : ^:)^ maaf banget karena baru bisa bls jam segini... kalian semua membuat daku terharu... daku ucapkan milyaran terimakasih atas kehadirannya... banyak hal kita gag duga ternyata berlaku kebalikannya... hari ini kalian membuktikan bahwa prasangka saiia selama ini salah... terimakasih yang sedalam-dalamnya...

turut berbela sungkawa atas korban JW Marriot & Ritz Carlton, semoga Indonesia semakin besar atas kejadian demi kejadian yang lebih banyak buruknya ketimbang baiknya :(

{ Susah Jadi Manusia } | 18 Juli 2009 04.20 mengatakan...

Pertanyaan apa mas genial???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????bls

{ Susah Jadi Manusia } | 18 Juli 2009 04.20 mengatakan...

ini blogger ruangkremasi.co.cc

{ Susah Jadi Manusia } | 18 Juli 2009 04.26 mengatakan...

gak on line to?

{ J-T } | 18 Juli 2009 06.51 mengatakan...

Siip sob, ane juge gumun tu, nape ya yg sekarat di timpug jg

{ Cerita Tugu } | 18 Juli 2009 07.03 mengatakan...

ojo dumeh, ayo sekarang hilangkan sifat ojo dumeh biar dunia damai

{ kucrit } | 18 Juli 2009 07.12 mengatakan...

otak manusia silahkan berkreasi selama tidak merugikan yang lain.. dan kadangkala rasa arogan akan kemampuan menimbulkan perbuatan yang tak pantas.. bisa buat kembang api saja sudah pengen menjadi superstar walaupun dengan julukan yang tak sopan..

{ genial } | 18 Juli 2009 08.26 mengatakan...

@ Susah Jadi Manusia : maaf bru smpt liad :( pertanyaan telah di layangkan lewat surat pembaca kang :)
@ J-T : aturan timpug ajj tu anjing :(
@ Cerita Tugu : ayooo kang ayooo!!!
@ kucrit : iia kang ... cuma titik di tengah samudra ajja mo blagu2 :(

{ rco } | 18 Juli 2009 08.53 mengatakan...

Susah juga jadi manusia beneran, para pelaku bom itu pasti bukan lagi manusia.

{ genial } | 18 Juli 2009 10.11 mengatakan...

kira2 kita uda jd manusia beneran lom kang???

{ Andie Gokil } | 18 Juli 2009 11.04 mengatakan...

againts terorism.
anjrit tuh yang ngebom!!!
ayam!!!!

{ Andie Gokil } | 18 Juli 2009 11.04 mengatakan...

sekalian,
ada yang baru di tempatku koment yak!!
MHUAHAHAHAHAHHAHA (PAKE CAPSLOCK BUKAN SHIFT!)

hehehe.
biar nyepam.
:D

{ Ariyanti } | 18 Juli 2009 11.13 mengatakan...

Aku sedih...
Karena banyak orang yg jadi korban... Korban meninggal dan luka2... Juga korban para penggemar MU yg gagal menonton MU di Senayan (termasuk diriku, hiks...)

{ Awal Sholeh } | 18 Juli 2009 11.18 mengatakan...

di langit masih ada langit setuju. ;) ojo dumeh blm rada taw jawa halus ;)

manusia og ya menghapus nyawa yah?

mana indonesia udah ketinggalam n mau maju dirusakin trs

{ Awal Sholeh } | 18 Juli 2009 11.18 mengatakan...

selamat malem sahabat blogger wah bahagia saya hari ini report TA lancar dan nambah info ditempat sahabat.

:) baru nntn hary potter di trans tv bagus

{ genial } | 18 Juli 2009 12.15 mengatakan...

@ Andie Gokil : sebut ajja semuanya ndi!!! wkwkwkwkwkwkwk
@ Ariyanti : mba' kita satu ini ternyata emang bener2 penuh kejutan, blm lama mslh musik, sekarang ternyata maniac juga sama bola :p mangstabsss!!!
@ Awal Sholeh : 1 bom merusak susu sebelanga kang :(
TA?!?!?! TA apan lg tu kang?!?!?! Traffic Agent?! duhh odong2 nii :(
turut seneng deyh buat kang Awal :thumbsup:

{ Kuliah Gratis } | 19 Juli 2009 06.05 mengatakan...

SAlam kenal sek barang kali durung kenal

{ gaelby } | 19 Juli 2009 09.05 mengatakan...

yg sbentar-bentar kaget, brarti terlalu reaktif. SBY terkadang terlalu reaktif, gak setegar mertuanya... peace man...

{ angga chen } | 19 Juli 2009 12.42 mengatakan...

aku juga masih bingung tuh tentang asal usul sambal...? mudah mudahan deh jangan ada penyalagunaan teknologi lagi yang ditujukan untuk kejahatan dan semoga juga peristiwa bom bunuh diri nggak terjadi lagi di indonesia.. amin ! thanks ya

{ Susah Jadi Manusia } | 20 Juli 2009 01.21 mengatakan...

selamat sore....kali ini saya datang dan ingin sekedar menyapa genial.......

{ Anthony Harman } | 20 Juli 2009 01.23 mengatakan...

Kalo kita pikir sejenak, segala sesuatu yang kita nikmati sekarang ini mulai dari makanan sampe teknologi pasti selalu bikin "gumun"

gimana caraorang2 dulu menemukannya.

Salam kenal juga, mas

{ Seno } | 20 Juli 2009 04.26 mengatakan...

Saya juga orangnya gumunan tenan Sob, membaca tulisan Genial yang indah ini juga saya nggumun tenan, sambil berguman, 'Hebat bener Sobatku ini'.

Bom yang bisa membunuh sekian banyak orang itu juga membuat saya gumun, gumun bagaimana cara membuatnya, gumun bagaimana kinerja pengamanan, gumun kok tega2 orang melakukan itu, gumun kenapa ini terjadi untuk yang kesekian kali :(

{ genial } | 20 Juli 2009 04.46 mengatakan...

@ Kuliah Gratis : salam kenal juga :) (padahal saiia sering ke rumahnya tuhh :( gpp lah...)
@ gaelby : pis men
@ angga chen : amen
@ Susah Jadi Manusia : sore bos... wuihhh tulisan terbarunya berat beud boss :( telekinetik?!?!?
@ Anthony Harman : sesekali jangan hanya sejenak mikirnya gmn kang?!?!?
@ Seno : mari kita gumun bersama :( pusing nii saiia nya jd nya :(

mudah2n lah gag ada lagi peristiwa2 mengejutkan yg membawa kerugian bagi ummat manusia baik di bumi, langit, planet pluto atawa di galaksi laennya dahh... pusiiinggg!!!

{ Saka } | 20 Juli 2009 05.15 mengatakan...

yayayayaaaa..... jadilah manusia seutuhnya.... tak perlu bermonolog yaaaaaaaaaaaa........ hahahahaha....... salam ikhlas...

{ genial } | 20 Juli 2009 11.51 mengatakan...

abisnya napsuin sii kang :)

{ phiy } | 20 Juli 2009 17.44 mengatakan...

banyak istilah jawa yang aku ngga tau nih mas? :D

dumeh itu apa yak? hehe..
tapi kalo dari tulisan masnya soal pabrik canggih dan sambel, keknya dumeh ngga buruk2 amat ya.
Rasa ingin tau kan tanda2 orang cerdas ;)

{ zee } | 20 Juli 2009 18.05 mengatakan...

Manusia memang begitu, ada saatnya begitu lugu namun kemudian lupa diri dan tak ingat lagi pada Tuhan.

Semoga kita semua dijauhkan dari sikap seperti itu.

{ Ade } | 20 Juli 2009 19.43 mengatakan...

waktu kuliah dulu, pernah dikasih tugas sama dosen buat paper soal ojo dumeh.. gara2nya dosennya ngambek sama kelas kita dan baru mau ngajar lagi setelah semua papernya dikumpulin :-D

{ iwan setiawan } | 20 Juli 2009 23.35 mengatakan...

sombong hanya milik Tuhan..bener gak sobatku, panjang tapi menarik artikelnya walaupun rasa pusing bacanya...:) ok sukses selalu ya

{ Tukang Komen } | 20 Juli 2009 23.54 mengatakan...

Mampir di siang bolong sob, semoga membawa berkah..

{ Seti@wan Dirgant@Ra } | 21 Juli 2009 01.12 mengatakan...

Ojo dumeh,... postingan ini membuat saya berpikir.
"terkadang manusia tidak memiliki hati nuraninya, yang muncul hanya animal facenya"

{ Seti@wan Dirgant@Ra } | 21 Juli 2009 01.12 mengatakan...

Ojo dumeh,... postingan ini membuat saya berpikir.
"terkadang manusia tidak memiliki hati nuraninya, yang muncul hanya animal facenya"

{ Susah Jadi Manusia } | 21 Juli 2009 02.51 mengatakan...

MAKASI KOMENYA...BTW TANGGAPAN DARI KOMEN TERSEBUT UDAH TAK POST DI BLOG KM YANGH ATUNYA......KOK YANG INI GA PERNAH DI UPDATE SIH?

{ Neng Rara } | 21 Juli 2009 04.19 mengatakan...

assalamualaikum,
meski terlambat sy turut berduka cita atas para korban ledakan bom di jkt. mdh2an jgn terulang
wassalam

{ KangBoed } | 21 Juli 2009 05.04 mengatakan...

Mungkinkah Tuhan mulai bosan.. apdeeeeeeeeeeettt.. wakaaakakakak
Salam Sayang

{ genialbutuhsomay } | 21 Juli 2009 08.13 mengatakan...

kang... wkwkwkwkwkwkwkwwkkwkkkkkk...

{ Aisha } | 21 Juli 2009 10.05 mengatakan...

turut berduka bro, moga kejadian ini yang terakhir kali.
Btw,sambal ABC kan dari Palembang bro?apa ada sambal yang lain? heheh

{ Wandi thok } | 21 Juli 2009 16.25 mengatakan...

Sebenere aku agak terpaksa komeng di BS mas ^O^, karena apa? USB Modemku superlemot abis. Tapi ya ini nekad ajah. Kalopun aku mau masuk komeng ke BS, paling nitip SMS di SMnya.
===============================
Mohon mangap nek iki dumeh :D

{ Ence Abdurohim } | 27 Juli 2009 03.41 mengatakan...

Disetiap kejadian, dalam persepsi /pribadi pasti ada hal baik dan buruknya, kesimpulan yang kita keluar berdasarkan input data yang masuk, semakin banyak data yang masuk semakin dekat memahami maksud yang terjadi, detik ini kita mem-persepsi buruk, semenit, sejam, atau beberapa hari kemudian ternyata kita menemukan hal yang bermanfaat dari kejadian itu, itulah yang baik menurut kita belum tentu baik menurut Sang Kholiq, dan sebaliknya, jika kita ada dalam jalan Nya, ini pasti adalah sekenario besar yang Allah rencanakan untuk kita menjadi lebih baik. Kita hanya bisa berdo'a dan merenungi, semoga semuanya merupakan rencana 'TERBAIK'-NYA untuk kita semua, amiiin......
salam u/ kel. kang

{ Ence Abdurohim } | 27 Juli 2009 05.19 mengatakan...

punten ... saya mo tanya, PERTAMAXXX , apa artinya kamg, he he he ( pengen tau aja !!??)
nuhun

{ genial } | 27 Juli 2009 14.59 mengatakan...

akang bener banget u kang asli dahhh :) mangstabs suratabs!!

mengenai pertanyaan selipan, sudah saiia reply di blognya kang... makasih udah mampir :)

{ FB } | 28 Juli 2009 06.49 mengatakan...

test...

{ Edwin } | 31 Juli 2009 05.30 mengatakan...

Dumeh, neko-neko, gumedhe, takabur, zalim...Yah apalah yg artinya mirip-mirip. Itu adalah penyakit hati manusia. Ya memang nunggu dihisab tuhan nantinya...

{ Komputer Grafis } | 4 Agustus 2009 23.31 mengatakan...

jadi atut ini kang :(

{ genial } | 4 Agustus 2009 23.33 mengatakan...

@ FB : ting
@ Edwin : itu jalannya lancar kang yg bgtu :p
@ Komputer Grafis : sama kang :( gmn dund?!?!?

{ Cyntia } | 2 September 2009 17.15 mengatakan...

wahh kakak suka meratiin yang boncengan motor nehh:P awas ngilerrr batal puasanya lohh*akbur mode ON*

kalo menurut Tia sih... sekarang bayak orang2 pinter yang keblinger.. jadi lupa ama jati diri dan harmonisasi dengan seluruh ciptaan Allah ^benerin kacamata dolo^ mereka jadi egois dan narsiz untuk hal2 yang nga jelas dan untuk kepentingan yang nga jelas juga.. pokonya nga perduli ama kepentingan orang lain.. padahal kan kalo mereka mo lebih perduli... nga akan ada yang tega mengakiti orang lain,.. nga bakal ada peperangan.. ahh nga tau deh.. Tia jadi ilfill

bagi somaynya lagi dunk kak *ngarep mode ON*

Sharing Tips

{ genial } | 3 September 2009 12.51 mengatakan...

huahahhahah... pratiin ajja nii Tia.. jd gag enag... canggih tuu Ti yang Tia bilang... Ti.. uda saur?!??! ada choki-choki nii.. mau?!?!?

{ 蔥油餅Jon } | 16 Juni 2010 21.04 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
{ hudaesce } | 12 Desember 2010 19.46 mengatakan...

Nice post here brow....,membri perenungan brharga tuk kita semua nih.

Poskan Komentar

D'APRÈS VOUS?

The Personal Touch

love life my review Kiat memperkaya diri Indonesian Strong from Home Sufi info perangkat blog Download mp3 Quote of the day Francomania R U Multiple Intelligence Rock Awards Masjid Kita pictures Low Latent Inhibition Solusi Jakarta Download Video Masgari Muhammad Athir Ardan Rahasia Ikhlas film sahabat angga Angga Sbastian Déjà vu Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak Insan Kamil Seabrek Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kanan Anak Zuhud Alanis Morissete - MTV Unplugged (1999) Alanis Morissette - Flavors of Entanglement (2008) Amien Apa itu Déjà vu 1 Apa itu Déjà vu 2 Ayn al Qudat Be the Miracle Berbuat Baik Bruno Mars - Just The Way You Are Cinta itu Hanya Damai - Esensi David Foster Dewa 19 Dimana ku Dinar Dirham sebagai Jawaban Diri Manusia Doa Jenderal Douglas Mac Arthur Doel Sumbang Download Software Dream Theater - Live At Budokan (2004) Dream Theater - Systematic Chaos (2007) Dream Theater - Train of Thought (2003) Dunia Baru Dunia dan Imam Mahdi Eksistensi Esensi Keberadaan Fariduddin Attar - Hakim Sanai Fibrokistik Mammae Gladi Kotor Hakikat Manusia Hapuskan Mobil Hati Heterogenitas pertunjukan Dunia Ideologi Mobil Ilmu Pengetahuan Baru Irma Novrida Iron Maiden Istiqomah Jakarta Lumpuh Buang Mobil Jakarta tanpa Mobil Jalaluddin ar-Rumi Jalan Hati Jenderal Douglas Mac Arthur Jujur Junte Kasih Sayang Kecerdasan dan Anak Kejujuran Kesadaran Khalifah Allah Kista Jinak Payudara Kita (tidak) Beda Labyrinth Lathifah Makrifat Manusia Sempurna Manusia dan Tanggung Jawab MarvelKlik Mati sebelum mati Menerima adalah Kebaikan juga Nenek Make Up Tebal OST - The Dark Knight (2008) Objektif Logis Objektif Rasional Objektif Sejati One Minute Silence - Available in All Colors (1998) Peran Kita Untuk Semua Permainan Lego Poppy Mercury Puji Tuhan Raggamuffin Ramalan Joyoboyo Ramalan Ronggowarsito Ramalan Sbdo Palon Sahabat Angga - Final Sahabat Angga - Semua Tentang Kita Selamat jalan saudaraku Amien Sheryl Crow - Detours (2008) Siapa Tuhan Mu Slank Slipknot - All Hope Is Gone (2008) Sori Dori Mori Sparkling Saint - Saintronic (2008) Syekh Siti Jenar - Makna Kematian Syirik Ashghar Syirik Khofi Syirik Khofi (samar) Tanggungjawab dalam kebahagiaan Teka-Teki Einstein Tembang Kehidupan Terbuka Tesla - Times Makin' Changes Tidur Sadar Tipe Aural (Auditory - Musical) Tipe Belajar Visual Tipe Fisik (Kinesthetic) Tipe Logis (Mathematical) Tipe Penyendiri (Intrapersonal) Tipe Sosial (Interpersonal) Tipe Verbal (Linguistic) Tokoh Tragedi Tanah Serambi Mekkah 26 Desember 2004 Vicky Sianipar feat. Ikhsan Akbar - Sesal Semu Waham Within Temptation - Forgiven Zainal Arifin Zainal Arifin IUS

Pengikut

 

Copyright © 2010 Ikhlas - The Secret All Rights Reserved

Design by Dzignine