Mengenang Tragedi Tanah Serambi Mekkah 26 Desember 2004

Dunia tersentak begitu gelombang besar tsunami yang teramat dahsyat melanda Aceh, 26 Desember 2004 silam. Bukan saja karena dipicu gempa luar biasa dahsyat berkekuatan 9.0 Skala Richter, melainkan juga karena jumlah korbannya merupakan terbesar sepanjang sejarah modern.

The Deadliset Wave yang efeknya terasa hingga ke 11 negara ini menelan lebih dari 240.000 jiwa! Jauh lebih mematikan dibanding tsunami yang melanda Chile, Hawaii maupun Jepang beberapa waktu lalu.

Gempa hebat tersebut terjadi akibat lempeng Eurasia, tempat Sumatera bercokol, tak kuat lagi menahan desakan lempeng Indo Australia. Gempa yang juga menyebabkan keruntuhan di dasar Samudera Hindia. Yang mencemaskan, fenomena ini masih akan terjadi, namun pada waktu yang belum bisa dipastikan. 18 daerah di Indonesia selanjutnya dinyatakan rawan tsunami, dan Mentawai disebut-sebut sebagai sasaran berikutnya.

www.nurudin.jauhari.net
Sementara kegembiraan menyelimuti suasana bergantinya tahun di banyak negara, yang dialami di Indonesia justru sebaliknya. Malang tiada dapat ditolak, gempa dan gelombang tsunami tiba-tiba menimpa wilayah barat Sumatera bagian Utara pada Minggu pagi antara pukul 7 hingga 8 WIB, tanggal 26 Desember 2004. Duka berkepanjanganpun menerpa negeri ini.

Tulisan ini sama sekali gag kami rancang untuk menguak kembali kepedihan di Tanah Serambi Mekkah tersebut melainkan untuk mengenang, memberi edukasi, pengetahuan yang mendalam kepada seluruh unsur masyarakat tentang bencana yang telah hadir sejak eranya Dinosaurus ini. Nilai persatuan yang memang sangat dibutuhkan oleh bangsa ini, karena bagaimanapun adalah positif jika kita selalu melihat seluruh permasalahan alam dengan kacamata ilmiah.

Untuk itu memang tiada yang dapat kita panjatkan selain doa mohon kekuatan pada Tuhan Yang Maha Kuasa agar segala cobaan bisa diatasi. Sudah selayaknya juga kita berdoa agar segenap perpecahan yang melanda negeri ini bisa segera terentaskan hanya karena perkara sepele remeh-temeh belaka hingga dapat seluruh masyarakat kita bisa bersatu kembali. Karena hanya dengan persatuanlah semua permasalahan bisa terselesaikan.

28 komentar:

  1. Blognya udah saya follow atas nama Aditya Pratama #145
    Follback blog saya di adityareinaldo.com
    Kunjungan baliknya yaa...
    Thx sobb... ^_^

    BalasHapus
  2. setuju, persatuan itu emang penting bro :D

    BalasHapus
  3. We come to this earth plan.. the whole design of life... after selecting the mother, enter the mother's whom, the feeder's life.

    Even after death, the layer of rigid mind with wrong understanding, doesn't allowed the consciousness to read the source..

    Because of the wrong understanding, he creates his own hell or heaven..

    If once start once life being with the self.. one will always be bliss full in all given situation, even after death, one would be in the lower frequencies, one will go back to the source..

    By obtaining the higher knowledge to the third eye astral travel.. knowledge of both and than, one will have perfect understanding of body, mind, intellect, self, and life force. One understands that the consciousness is a combination of energy and knowledge. Consciousness comes to this plan to gain more energy and knowledge and to create.

    By living all the time with this understanding, once start getting a higher understanding about the existence of all the creation.

    With this understanding, one will become a miraculous creator. Then.. whatever once speaks, it manifests, whatever one think, it manifests, what ever one does, it becomes a creation, this is enlightenment.

    BalasHapus
  4. nice info sob,,,
    baru tau saya..
    thedragao.blogspot.com

    BalasHapus
  5. jadi ksimpulannya persatuan dan ksatuan ya boss.....setujuuuuuuhhhh...!!!!! x_X

    BalasHapus
  6. Gak nyangka kalo ini tsunami yang paling hebat...
    Fotonya keren brur

    BalasHapus
  7. aku sampai lupa om masalah stunami ini.
    jadi inget nih

    BalasHapus
  8. Saya jadi merinding bacanya sobat...
    teringat beberapa tahun silam ketika dikejar tsunami..

    Mari semangat.. kuatkan persatuan... :)

    BalasHapus
  9. sudah hampir 8 tahun sejak kejadian itu... Tsunami yang setelahnya terjadi perdamaian bagi bumi aceh

    BalasHapus
  10. saat itu benar-benar menggemparkan, apalagi ada temen kantor yang orang Aceh, kami melihat banget kepanikannya, dan sampai saat ini cerita2 dibalik tsunami selalu aja bikin berkaca2

    BalasHapus
  11. semoga ga terjadi lagi musibah itu di negeri ini mas :)

    BalasHapus
  12. Aamiin, semoga segenap perpecahan yang melanda negeri ini bisa segera terentaskan hanya karena perkara sepele remeh-temeh belaka hingga dapat seluruh masyarakat kita bisa bersatu kembali

    BalasHapus
  13. sejarah dijadikan pembelajaran...agar bisa berkehidupan yang lebih baik di masa depan, baik di dunia dan di akhirat

    BalasHapus
  14. saat saya nonton film hafalan shalat delisha, saya bisa merasakan lebih dalam, berempati dengan dalam, dan seketika berdoa untuk para korban.

    BalasHapus
  15. Serem sekali mengenang itu :((

    BalasHapus
  16. kalau mengingat kejadian tanggal 26 Desember 2004 silam, sungguh menyisakan duka yang mendalam.. Gelombang tsunami dahsyat menyapu serambi makkah,, dan subhanallah mesjid yang berdiri kokoh tidak goyah terkena terjangan gelombang tsunami..

    BalasHapus
  17. untuk masa depan yang lebih baik memang harus ada perbaikan, saya sangat terharu bila mengenang masalah sunami :D

    BalasHapus
  18. salam blogger gan, artikel yang sangat menarik untuk kita semua :)

    BalasHapus
  19. Karena hanya dengan persatuanlah semua permasalahan bisa terselesaikan. saya suka ini :)

    BalasHapus
  20. Benar juga sobat, dengan mengenang kejadian seperti ini, kita juga semua harus menyadari akan semua yg pernah terjadi sebelumnya, semua merupakan hikmah agar kita selalu Introspeksi, dan tetap bersyukur kpd sang pencipta terutama bagi yg masih selamat utk memanfaatkan hidup ini dengan lebih baik dan benar
    postingan yg membangkitkan semangat sobat
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  21. kejadian itu sungguh sangat mengerikan,, selain itu menelan banyak korban jiwa,, pastinya meninggalkan trauma yang berat juga,,

    BalasHapus
  22. terimakasih buat kehadiran Agan/Sis semua di sini iia ;) semoga kebahagiaan selalu menyertai Agan/Sis semua.. amieeen..

    BalasHapus
  23. Semoga menjadi pelajaran yang sangat berarti bagi kita semua kawan.. :)

    BalasHapus
  24. masjid tidak tersered , itulah kekuasan allah :)

    BalasHapus

D'APRÈS VOUS?