Budaya

Beberapa waktu yang lalu, kami belajar mengenai Budaya atau Kebudayaan. Guruku memerintahkan untuk membuat dua jenis gambar, yakni Pemandangan dan Indonesia.

Lalu beberapa saat kemudian, sang guru bertanya.. "Siapa yang menggambar gunung dari kata pertama yang disediakan?" Terdapat 25 anak yang mengacungkan tangan. "Lalu yang membuat selain gunung?" tanyanya lagi.. Sambil menunjuk salah satu dari kami, ia bertanya.. "Kamu, apa yang kamu buat dan apa alasan kamu membuat itu?" Perlahan yang ditunjuk menjawab; "saya menggambar pantai, iya karena saya suka ke pantai.." ujarnya polos. Seisi kelas tertawa mendengar hal tersebut. Si guru pun hanya tersenyum dan berujar, "Good."

Sekarang kita lihat untuk kata yang kedua, Indonesia, siapa yang menggambar peta, acungkan tangan.. ternyata ada 28 orang yang menggambar hal tersebut, dan si guru bertanya, kenapa kamu menggambar peta dan murid hanya menjawab, udah biasa githu pak.. hahahaha...

Sekelas tertawa mendengar jawaban tersebut, lalu selain yang menggambar peta acung tangan dan silahkan ungkapakan alasannya.
Saya pak, saya menggambar rumah joglo karena salah satu rumah adat indonesia, sang guru hanya menganggukkan kepala dan berkata yang lainnya..??

Saya pak, saya menggambar rumah gedong dan gubug.. sang guru memasang wajah bingung dan bertanya, maksudnya bisa dijelaskan..?? Karena saya melihat di Indonesia, yang kaya semakin kaya dan miskin semakin miskin. Satu kelas diam mendengar jawaban tersebut dan hanya mengangguk-angguk tanda setuju. Si guru pun bertepuk tangan dan mendrong murid-muridnya untuk melakukan hal yang sama. Sang guru pun mulai menjelaskan maksud dari kegiatan menggambar tadi, kegiatan barusan memberi kita gambaran mengenai sebuah budaya.

Jadi budaya adalah sebuah kegiatan yang dilakukan secara sadar namun seseorang tersebut tidak mengetahui kenapa ia melakukan hal tersebut karena sudah biasa atau secara tidak langsung telah tertanam dalam alam bawah sadar seseorang sehingga untuk merubahnya dibuthkan waktu yang lama dan tidak mudah diterima, karena merubah sesuatu yang diluar kebiasaan kita bukanlah perkara mudah. Murid-murid mengangguk-angguk tanda setuju dengan apa yang diucapkan guru dan baru memahami mengenai hal tersebut.


Jadi budaya merupakan sesuatu yang menempel dalam benak, hati, pikiran dan perilaku seseorang yang didapat dari lingkungan sekitarnya dan telah menjadi kebiasaan dan merupakan hal tidak mudah untuk dirubah apabila seseorang tersebut telah menolaknya. Untuk membuat perubahan tersebut diterima, diperlukan sebuah komitmen yang kuat dan didukung oleh semua pihak yang terlibat dalam lingkungan tersebut.

3 comments:

{ Belajar Photoshop } | 23 Agustus 2011 01.49 mengatakan...

sedep beud sambil dengerin Home - Dream Theater :)

{ Cerita Tugu } | 23 Agustus 2011 06.35 mengatakan...

budaya untuk menjadi kaya secaara instan sulit dihilangkan dan yang miskin ya tetap, setuju sama sang nurid

{ genial } | 26 Agustus 2011 07.22 mengatakan...

itu dia yg repot pak iia :(
andai yg baik2 bisa di jadiin budaya :p

Poskan Komentar

D'APRÈS VOUS?

The Personal Touch

love life my review Kiat memperkaya diri Indonesian Strong from Home Sufi info perangkat blog Download mp3 Quote of the day Francomania R U Multiple Intelligence Rock Awards Masjid Kita pictures Low Latent Inhibition Solusi Jakarta Download Video Masgari Muhammad Athir Ardan Rahasia Ikhlas film sahabat angga Angga Sbastian Déjà vu Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak Insan Kamil Seabrek Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kanan Anak Zuhud Alanis Morissete - MTV Unplugged (1999) Alanis Morissette - Flavors of Entanglement (2008) Amien Apa itu Déjà vu 1 Apa itu Déjà vu 2 Ayn al Qudat Be the Miracle Berbuat Baik Bruno Mars - Just The Way You Are Cinta itu Hanya Damai - Esensi David Foster Dewa 19 Dimana ku Dinar Dirham sebagai Jawaban Diri Manusia Doa Jenderal Douglas Mac Arthur Doel Sumbang Download Software Dream Theater - Live At Budokan (2004) Dream Theater - Systematic Chaos (2007) Dream Theater - Train of Thought (2003) Dunia Baru Dunia dan Imam Mahdi Eksistensi Esensi Keberadaan Fariduddin Attar - Hakim Sanai Fibrokistik Mammae Gladi Kotor Hakikat Manusia Hapuskan Mobil Hati Heterogenitas pertunjukan Dunia Ideologi Mobil Ilmu Pengetahuan Baru Irma Novrida Iron Maiden Istiqomah Jakarta Lumpuh Buang Mobil Jakarta tanpa Mobil Jalaluddin ar-Rumi Jalan Hati Jenderal Douglas Mac Arthur Jujur Junte Kasih Sayang Kecerdasan dan Anak Kejujuran Kesadaran Khalifah Allah Kista Jinak Payudara Kita (tidak) Beda Labyrinth Lathifah Makrifat Manusia Sempurna Manusia dan Tanggung Jawab MarvelKlik Mati sebelum mati Menerima adalah Kebaikan juga Nenek Make Up Tebal OST - The Dark Knight (2008) Objektif Logis Objektif Rasional Objektif Sejati One Minute Silence - Available in All Colors (1998) Peran Kita Untuk Semua Permainan Lego Poppy Mercury Puji Tuhan Raggamuffin Ramalan Joyoboyo Ramalan Ronggowarsito Ramalan Sbdo Palon Sahabat Angga - Final Sahabat Angga - Semua Tentang Kita Selamat jalan saudaraku Amien Sheryl Crow - Detours (2008) Siapa Tuhan Mu Slank Slipknot - All Hope Is Gone (2008) Sori Dori Mori Sparkling Saint - Saintronic (2008) Syekh Siti Jenar - Makna Kematian Syirik Ashghar Syirik Khofi Syirik Khofi (samar) Tanggungjawab dalam kebahagiaan Teka-Teki Einstein Tembang Kehidupan Terbuka Tesla - Times Makin' Changes Tidur Sadar Tipe Aural (Auditory - Musical) Tipe Belajar Visual Tipe Fisik (Kinesthetic) Tipe Logis (Mathematical) Tipe Penyendiri (Intrapersonal) Tipe Sosial (Interpersonal) Tipe Verbal (Linguistic) Tokoh Tragedi Tanah Serambi Mekkah 26 Desember 2004 Vicky Sianipar feat. Ikhsan Akbar - Sesal Semu Waham Within Temptation - Forgiven Zainal Arifin Zainal Arifin IUS

Pengikut

 

Copyright © 2010 Ikhlas - The Secret All Rights Reserved

Design by Dzignine