New Wave Marketing


Perkuat Pondasi Bisnis Dengan 'New Wave Marketing'

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa marketing sebuah ujung tombak suatu perusahaan atau organisasi untuk lebih mengenalkan dan memasarkan produk atau jasanya kepada para penggunannya. Salah satu kunci maju dan berkembangnya sebuah perusahaan adalah ditentukan oleh kemampuannya untuk meramu, merakit, memodifikasi strategi marketing dengan tepat.

Meski kondisi perekonomian secara global sedang tak menentu, bukan berarti di setiap tahunnya kegiatan marketing vakum. Di setiap tahunnya perusahaan harus mampu memacu untuk mencari momen serta melakukan modifikasi strategi marketing ke depannya.

Konsep New Wave Marketing

Seorang pakar marketing yang juga sekaligus pendiri dari MarkPlus inc. mengatakan bahwa, "Masyarakat sekarang jauh lebih pintar dan kritis sehingga konsep 'menggurui' seperti yang terdapat dalam konsep marketing vertikal sudah ditinggalkan. Dari situlah kemudian lahir sebuah konsep marketing horizontal New Wave Marketing dengan 12 C's nya". Katanya menjelaskan.

Dalam New Wave Marketing, ada 12 C's yang harus selalu diperhatikan, yaitu: Communication, Confirming, Clarifyng, Coding, Co-Creation, Currency, Communal Activation, Conversation, Commercialization, Character, Caring dan yang terakhir adalah Collaboration. New Wave Marketing ini jauh lebih "luwes" dengan memposisikan sebagai mitra (partner) yang bisa saling memberikan opini maupun gagasan lain yang briliant.

Dalam konsep marketing dengan menggunakan New Wave Marketing ini user diajak untuk berinteraksi,berpartisipasi, dan berkomunikasi secara aktif sehingga relationship yang terbentuk dan terbangun adalah komunikasi dua arah (two-ways), bukan satu arah yang seperti dulu.

New Wave Marketing membawa beberapa perubahan yang juga akan sangat tepat jika ditunjang oleh kemajuan tekhnologi informasi dewasa ini karena konsep yang diterapkan tak lagi vertikal (one-to-one) melainkan dengan pendekatan secara horizontal (many to many) kepada para customer atau user.

15 komentar:

  1. rasanya dari dulu konsep marketing memang sudah seperti itu pak? atau saya salah denger ya. ya sudah, sukses ya pak dengan marketingnya. :)

    BalasHapus
  2. bisa menambah ilmu saya
    selama ini yg saya ketahui sebatas marketing mix
    seandainnya ada penjelasan singkat mengenai 12 C yang disebutkan diatas :)
    saya penasaran

    BalasHapus
  3. dengan komunikasi yg terbuka, usaha akan semakin berkembang

    BalasHapus
  4. apaan tuuuuuuuuuuuhhh?!?!?

    BalasHapus
  5. hmmmmm dah lama aku ga belajar marketing lagi
    hihihihihi

    BalasHapus
  6. user/costumer puas, marketing akan melejit,, secara konsumen adalah raja, marketinglah yang menjembati produsen dan konsumen
    Salam Sukses :)

    BalasHapus
  7. pusing saiia sama marketing stuffs :(

    BalasHapus
  8. tengok kabarnya bunda marissa.. :p

    BalasHapus
  9. ini bukan postnya bang geni yah?

    BalasHapus
  10. memang dari yg sudah2 susah buat kita untuk bisa terlibat dengan orang jika yg dominan adalah konsep 'menggurui'. pendekatan horizontal, i like that :)

    BalasHapus
  11. dengan seiring perkembangan zaman, teknik2 marketing dan komunikasi berkembang dg pesat

    BalasHapus

D'APRÈS VOUS?