E-marketing - Aplikasi New Wave Marketing

Melalui pendekatan secara horizontal, New Wave Marketing mengajak user untuk selalu berinteraksi dan bekerjasama sehingga kemudian akan terbentuk sebuah community based marketing yang nantinya secara bertahap dan berkesinambungan komunitas tersebut bisa di garap menjadi potential customer bahkan loyal customer. New wave marketing bukan lagi konsep marketing one-to-one, tapi lebih efektif.

Meski demikian ada tiga macam konektor yang diperlukan dan diperhatikan oleh seseorang atau perusahaan yang akan menggunakan konsep baru ini, yaitu: mobile, experiantial, dan sosial tak akan cukup dengan cara konvensional saja, salah satu alternatif lain yang bisa digunakan adalah dengan menggarap dan mengintensifkan e-marketing.

Cukup banyak pengusaha atau perusahaan yang sudah mulai melirik e-marketing ini. Terutama di jaman globalisasi seperti sekarang ini, di mana tekhnologi informasi telah berkembang sedemikian cepat dan pesatnya. Bahkan menggunakan layanan internet sudah seperti makanan sehari-hari bagi banyak orang termasuk marketer. Akan sangat tepat jika semua konsep tersebut dilebur dan dijajaki secara bersamaan.

E-marketing atau strategi marketing online akan sangat cocok jika diaplikasikan dengan menggunakan new wave marketing, meski pada dasarnya new wave marketing dapat diaplikasikan secara offline juga. Bagi perusahaan-perusahaan yang sebelumnya berorientasi ekspor untuk mengalihkan, sementara target marketnya ke pasar atau konsumsi dalam negeri karena lesunya target ekspor sekarang ini. Untuk melihat potensi yang ada di tahun yang lalu, dibagi ke dalam empat kuartal.

Pada setiap kuartal tersebut mempunyai karakteristik serta strategi marketing yang berbeda-beda pula. Di kuartal pertama, yang harus dilakukan adalah dengan selalu menjaga (keep) cutomer yang memiliki reputasi serta hubungan yang baik dengan anda. Berikan customer anda keintiman (intimacy) sehingga akan terjalin keakraban antara anda dengan para good customer. Kemudian tawarkan dan berikan solusi atas segala permasalahan yang sedang dihadapi oleh customer.

Memang ada kecenderungan bahwa nanti pada kuartal kedua dan ketiga akan membuat cekungan. Hal itu salah satunya disebabkan oleh kondisi stabilitas politik dan ekonomi di dalam negeri. Pada rentang waktu tersebut, perusahaan harus mampu mendapatkan potential customer dengan menggunakan hak serta networking yang baik.

Peranan marketing tetap senantiasa dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam membuat atau mengagas produk-produk baru yang sangat cocok dimasa krisis ini. Dengan membangun dan membina sebuah komunitas memiliki nilai lebih bagi sebuah perusahaan karena ia bisa mengetahui secara rinci tentang apa yang dibutuhkan dan diperlukan oleh user.


bahan dari majalah prioritas edisi bca/25/VII/2010

41 komentar:

  1. thanks sob sharenya.
    aku kurang begitu faham akan marketing sob

    BalasHapus
  2. saya kurang handal dalam hal marketing
    btw. monetasi dengan adsense camp itu gimana?
    aku pengen nyoba juga nih :D

    BalasHapus
  3. @ kisah abu nawas : sama kang... ini postingan group kang... bukan post saiia pribadi... punyanya temen saiia... saiia sendiri gag ngerti, hanya menyediakan tempat kang :)

    @ John Terro : wahhh.. menurut saiia sii gag usah kang... hanya menuai kelelahan... saiia gag terelalu mikirin itu... kecil bangedd.. belum lagi berita mengenai adscamp itu scam dll.. :p

    BalasHapus
  4. wah, terimakasih informasinya.

    BalasHapus
  5. memang bnr sob, hrs lebih kreatif dan inovatif dalam membuat atau mengagas produk-produk baru.
    apalagi kalo para customernya itu gampang bosenan.
    tul gak sob?

    BalasHapus
  6. memang bnr sob, hrs lebih kreatif dan inovatif dalam membuat atau mengagas produk-produk baru.
    apalagi kalo para customernya itu gampang bosenan.
    tul gak sob?

    BalasHapus
  7. memang bnr sob, hrs lebih kreatif dan inovatif dalam membuat atau mengagas produk-produk baru.
    apalagi kalo para customernya itu gampang bosenan.
    tul gak sob?

    BalasHapus
  8. memang bnr sob, hrs lebih kreatif dan inovatif dalam membuat atau mengagas produk-produk baru.
    apalagi kalo para customernya itu gampang bosenan.
    tul gak sob?

    BalasHapus
  9. memang bnr sob, hrs lebih kreatif dan inovatif dalam membuat atau mengagas produk-produk baru.
    apalagi kalo para customernya itu gampang bosenan.
    tul gak sob?

    BalasHapus
  10. salam sobat
    dapat artikel tentang marketing.
    ternyata harus produk-produk yang cocok di masa krisis ini,yang dituntut untuk lebih kreatif dalam perannya sebagai marketing.

    BalasHapus
  11. wah ... begitu yah?
    jadi mikir dua kali masang adsense scamp :D

    BalasHapus
  12. Ada beberapa perusahaan yang tidak bisa secara mudah menerapkan e-marketing

    Tetapi hakekat dari mobile, experiatial dan sosial tetap mampu memjadi khasanah pembaharu dalam sebuah sistem pemasaran.

    tinggal cara pelaksanaannya saja dan memang inovasi dan kreatifitas pelaksana menjadi penentu, bisa jadi pada tahap implementasi hasilnya berbeda krn tingkat kreatifitas dan inovasi setiap orang berbeda

    menarik sekali Mas Gen

    BalasHapus
  13. kalau e-marketing sama e-comercial sama ga ya...>
    kuarang paham kalau masalah ginian um...hehehehe sukses selalu um.

    BalasHapus
  14. ini suatu terobosan yg bagus bro, krn marketing memang akan selalu berkembang menurut perubahan jaman :)

    BalasHapus
  15. cuma aku lagi benci ma tele marketing
    telpon yg paling malas kujawab

    BalasHapus
  16. jujur,kala saya kurang mengerti sama marketing seperti ini....

    Tapi, sekarang ini memang sudah serba canggih ya...tak ada batasan untuk berbisnis sejak adanya internet...

    BalasHapus
  17. kalau masalah pemasaran via online mah aq belum ahlinya sob, maklum belum berkeinginan buat bisnis online

    BalasHapus
  18. terima kasih ya infonya , di tunggu kunjungan dan komentar balik di blog saya ya :)

    BalasHapus
  19. salam kenal, nice info, kunjungan balik diTunggu di sini http://ramlannarie.blogspot.com/ dan http://ramlannarie.wordpress.com/

    BalasHapus
  20. mas.. link donaturnya broken tuh :(

    BalasHapus
  21. kurang paham marketing. tapisaya sangat tertarik dengan kewirausahaan. heheh...

    BalasHapus
  22. saya buta sama yang namanya marketing... :(

    BalasHapus
  23. banyak juga tahapannya ya ..
    but sukses buat kita semua

    BalasHapus
  24. alo bos, salam kenal :)
    nice share tentang strategi marketingnya bos :)
    btw tukeran link yuk :D
    ditunggu kabar baiknya ya :)

    BalasHapus
  25. trima kasih atas sharing,,,,
    matab tuch :D

    BalasHapus
  26. Wiw.. rinci bener sob.. asyik nih info kayak gini.. thanks ya

    BalasHapus
  27. Thanks atas sharingbnya... bermanfaat sekali :D

    BalasHapus
  28. pengetahuan ekonominya ngelotok banget nih sepertinya :(

    BalasHapus
  29. tancap gasssssssssssssssss

    BalasHapus
  30. sukses terus buat masnya...

    BalasHapus
  31. Artikel dan blognya bagus juga, komentar juga ya ke blog saya www.infonotesharian.blogspot.com

    BalasHapus
  32. walah, iq ane ga nyampe he he.. makasih infonya sobat :)

    BalasHapus
  33. wah, kalau artikel diatas ditambah dengan Emoticon2 yg lucu2 dan sangat Ekspresif yg ada diblog saya, makin manteb deh blognya, jadi lebih hidup artikelnya :thumbs up

    BalasHapus
  34. duuh kang kadaluarsa niie gmna iia?!? :(

    BalasHapus
  35. @ Let's Share Together : makasii undangannya kang... segera terlaksana :)

    BalasHapus

D'APRÈS VOUS?