E-marketing - Aplikasi New Wave Marketing

Melalui pendekatan secara horizontal, New Wave Marketing mengajak user untuk selalu berinteraksi dan bekerjasama sehingga kemudian akan terbentuk sebuah community based marketing yang nantinya secara bertahap dan berkesinambungan komunitas tersebut bisa di garap menjadi potential customer bahkan loyal customer. New wave marketing bukan lagi konsep marketing one-to-one, tapi lebih efektif.

Meski demikian ada tiga macam konektor yang diperlukan dan diperhatikan oleh seseorang atau perusahaan yang akan menggunakan konsep baru ini, yaitu: mobile, experiantial, dan sosial tak akan cukup dengan cara konvensional saja, salah satu alternatif lain yang bisa digunakan adalah dengan menggarap dan mengintensifkan e-marketing.

Cukup banyak pengusaha atau perusahaan yang sudah mulai melirik e-marketing ini. Terutama di jaman globalisasi seperti sekarang ini, di mana tekhnologi informasi telah berkembang sedemikian cepat dan pesatnya. Bahkan menggunakan layanan internet sudah seperti makanan sehari-hari bagi banyak orang termasuk marketer. Akan sangat tepat jika semua konsep tersebut dilebur dan dijajaki secara bersamaan.

E-marketing atau strategi marketing online akan sangat cocok jika diaplikasikan dengan menggunakan new wave marketing, meski pada dasarnya new wave marketing dapat diaplikasikan secara offline juga. Bagi perusahaan-perusahaan yang sebelumnya berorientasi ekspor untuk mengalihkan, sementara target marketnya ke pasar atau konsumsi dalam negeri karena lesunya target ekspor sekarang ini. Untuk melihat potensi yang ada di tahun yang lalu, dibagi ke dalam empat kuartal.

Pada setiap kuartal tersebut mempunyai karakteristik serta strategi marketing yang berbeda-beda pula. Di kuartal pertama, yang harus dilakukan adalah dengan selalu menjaga (keep) cutomer yang memiliki reputasi serta hubungan yang baik dengan anda. Berikan customer anda keintiman (intimacy) sehingga akan terjalin keakraban antara anda dengan para good customer. Kemudian tawarkan dan berikan solusi atas segala permasalahan yang sedang dihadapi oleh customer.

Memang ada kecenderungan bahwa nanti pada kuartal kedua dan ketiga akan membuat cekungan. Hal itu salah satunya disebabkan oleh kondisi stabilitas politik dan ekonomi di dalam negeri. Pada rentang waktu tersebut, perusahaan harus mampu mendapatkan potential customer dengan menggunakan hak serta networking yang baik.

Peranan marketing tetap senantiasa dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam membuat atau mengagas produk-produk baru yang sangat cocok dimasa krisis ini. Dengan membangun dan membina sebuah komunitas memiliki nilai lebih bagi sebuah perusahaan karena ia bisa mengetahui secara rinci tentang apa yang dibutuhkan dan diperlukan oleh user.


bahan dari majalah prioritas edisi bca/25/VII/2010

41 comments:

{ kisah abu nawas } | 10 November 2010 08.25 mengatakan...

thanks sob sharenya.
aku kurang begitu faham akan marketing sob

{ John Terro } | 10 November 2010 08.28 mengatakan...

saya kurang handal dalam hal marketing
btw. monetasi dengan adsense camp itu gimana?
aku pengen nyoba juga nih :D

{ genial } | 10 November 2010 08.38 mengatakan...

@ kisah abu nawas : sama kang... ini postingan group kang... bukan post saiia pribadi... punyanya temen saiia... saiia sendiri gag ngerti, hanya menyediakan tempat kang :)

@ John Terro : wahhh.. menurut saiia sii gag usah kang... hanya menuai kelelahan... saiia gag terelalu mikirin itu... kecil bangedd.. belum lagi berita mengenai adscamp itu scam dll.. :p

{ ReBorn } | 10 November 2010 16.00 mengatakan...

wah, terimakasih informasinya.

{ penghuni60 } | 10 November 2010 17.30 mengatakan...

memang bnr sob, hrs lebih kreatif dan inovatif dalam membuat atau mengagas produk-produk baru.
apalagi kalo para customernya itu gampang bosenan.
tul gak sob?

{ penghuni60 } | 10 November 2010 17.38 mengatakan...

memang bnr sob, hrs lebih kreatif dan inovatif dalam membuat atau mengagas produk-produk baru.
apalagi kalo para customernya itu gampang bosenan.
tul gak sob?

{ penghuni60 } | 10 November 2010 17.41 mengatakan...

memang bnr sob, hrs lebih kreatif dan inovatif dalam membuat atau mengagas produk-produk baru.
apalagi kalo para customernya itu gampang bosenan.
tul gak sob?

{ penghuni60 } | 10 November 2010 17.42 mengatakan...

memang bnr sob, hrs lebih kreatif dan inovatif dalam membuat atau mengagas produk-produk baru.
apalagi kalo para customernya itu gampang bosenan.
tul gak sob?

{ penghuni60 } | 10 November 2010 17.45 mengatakan...

memang bnr sob, hrs lebih kreatif dan inovatif dalam membuat atau mengagas produk-produk baru.
apalagi kalo para customernya itu gampang bosenan.
tul gak sob?

{ NURA } | 10 November 2010 18.29 mengatakan...

salam sobat
dapat artikel tentang marketing.
ternyata harus produk-produk yang cocok di masa krisis ini,yang dituntut untuk lebih kreatif dalam perannya sebagai marketing.

{ John Terro } | 10 November 2010 18.31 mengatakan...

wah ... begitu yah?
jadi mikir dua kali masang adsense scamp :D

{ lyna riyanto } | 10 November 2010 19.51 mengatakan...

Ada beberapa perusahaan yang tidak bisa secara mudah menerapkan e-marketing

Tetapi hakekat dari mobile, experiatial dan sosial tetap mampu memjadi khasanah pembaharu dalam sebuah sistem pemasaran.

tinggal cara pelaksanaannya saja dan memang inovasi dan kreatifitas pelaksana menjadi penentu, bisa jadi pada tahap implementasi hasilnya berbeda krn tingkat kreatifitas dan inovasi setiap orang berbeda

menarik sekali Mas Gen

{ Beritaku } | 10 November 2010 21.31 mengatakan...

mantab gan hehe...

{ CHUGY GOGOG } | 10 November 2010 22.31 mengatakan...

kalau e-marketing sama e-comercial sama ga ya...>
kuarang paham kalau masalah ginian um...hehehehe sukses selalu um.

{ Aulawi Ahmad } | 10 November 2010 23.03 mengatakan...

ini suatu terobosan yg bagus bro, krn marketing memang akan selalu berkembang menurut perubahan jaman :)

{ attayaya mobil keluarga } | 10 November 2010 23.46 mengatakan...

cuma aku lagi benci ma tele marketing
telpon yg paling malas kujawab

{ Teras Info } | 11 November 2010 02.06 mengatakan...

jujur,kala saya kurang mengerti sama marketing seperti ini....

Tapi, sekarang ini memang sudah serba canggih ya...tak ada batasan untuk berbisnis sejak adanya internet...

{ Rizky2009 } | 11 November 2010 03.49 mengatakan...

kalau masalah pemasaran via online mah aq belum ahlinya sob, maklum belum berkeinginan buat bisnis online

{ Teknologi Komputer } | 11 November 2010 04.02 mengatakan...

terima kasih ya infonya , di tunggu kunjungan dan komentar balik di blog saya ya :)

{ TUKANG CoLoNG } | 11 November 2010 04.42 mengatakan...

anak ekonomi ya..?

{ ramlan n' arie } | 11 November 2010 07.23 mengatakan...

salam kenal, nice info, kunjungan balik diTunggu di sini http://ramlannarie.blogspot.com/ dan http://ramlannarie.wordpress.com/

Anonim | 11 November 2010 17.39 mengatakan...

mas.. link donaturnya broken tuh :(

{ uli mayang } | 12 November 2010 00.23 mengatakan...

kurang paham marketing. tapisaya sangat tertarik dengan kewirausahaan. heheh...

{ Kartika } | 12 November 2010 06.42 mengatakan...

saya buta sama yang namanya marketing... :(

{ Berau si JUMBO } | 12 November 2010 18.14 mengatakan...

banyak juga tahapannya ya ..
but sukses buat kita semua

{ suryowidiyanto } | 13 November 2010 07.56 mengatakan...

keren inovasinya...

{ Let's Share Together } | 13 November 2010 12.28 mengatakan...

alo bos, salam kenal :)
nice share tentang strategi marketingnya bos :)
btw tukeran link yuk :D
ditunggu kabar baiknya ya :)

{ Fir'aun NgebLoG } | 13 November 2010 18.48 mengatakan...

trima kasih atas sharing,,,,
matab tuch :D

{ Saung Web } | 13 November 2010 19.28 mengatakan...

Wiw.. rinci bener sob.. asyik nih info kayak gini.. thanks ya

{ almascatie } | 15 November 2010 06.07 mengatakan...

Thanks atas sharingbnya... bermanfaat sekali :D

{ Zaza } | 15 November 2010 09.39 mengatakan...

pengetahuan ekonominya ngelotok banget nih sepertinya :(

Anonim | 15 November 2010 19.13 mengatakan...

tancap gasssssssssssssssss

{ Yummy } | 15 November 2010 20.31 mengatakan...

sukses terus buat masnya...

{ Yogi M } | 15 November 2010 21.10 mengatakan...

Artikel dan blognya bagus juga, komentar juga ya ke blog saya www.infonotesharian.blogspot.com

{ Ratih } | 17 November 2010 10.20 mengatakan...

gak ngerti...

{ optimasi feed blogger } | 18 November 2010 01.37 mengatakan...

walah, iq ane ga nyampe he he.. makasih infonya sobat :)

{ Facemot } | 18 November 2010 08.23 mengatakan...

wah, kalau artikel diatas ditambah dengan Emoticon2 yg lucu2 dan sangat Ekspresif yg ada diblog saya, makin manteb deh blognya, jadi lebih hidup artikelnya :thumbs up

{ Oldy } | 18 November 2010 20.44 mengatakan...

lalu lintas kisruh :(

{ SI JUMBO } | 29 November 2010 06.24 mengatakan...

kunjungan malam sob

garielray | 3 Desember 2010 05.23 mengatakan...

duuh kang kadaluarsa niie gmna iia?!? :(

{ genial } | 3 Desember 2010 07.49 mengatakan...

@ Let's Share Together : makasii undangannya kang... segera terlaksana :)

Poskan Komentar

D'APRÈS VOUS?

The Personal Touch

love life my review Kiat memperkaya diri Indonesian Strong from Home Sufi info perangkat blog Download mp3 Quote of the day Francomania R U Multiple Intelligence Rock Awards Masjid Kita pictures Low Latent Inhibition Solusi Jakarta Download Video Masgari Muhammad Athir Ardan Rahasia Ikhlas film sahabat angga Angga Sbastian Déjà vu Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak Insan Kamil Seabrek Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kanan Anak Zuhud Alanis Morissete - MTV Unplugged (1999) Alanis Morissette - Flavors of Entanglement (2008) Amien Apa itu Déjà vu 1 Apa itu Déjà vu 2 Ayn al Qudat Be the Miracle Berbuat Baik Bruno Mars - Just The Way You Are Cinta itu Hanya Damai - Esensi David Foster Dewa 19 Dimana ku Dinar Dirham sebagai Jawaban Diri Manusia Doa Jenderal Douglas Mac Arthur Doel Sumbang Download Software Dream Theater - Live At Budokan (2004) Dream Theater - Systematic Chaos (2007) Dream Theater - Train of Thought (2003) Dunia Baru Dunia dan Imam Mahdi Eksistensi Esensi Keberadaan Fariduddin Attar - Hakim Sanai Fibrokistik Mammae Gladi Kotor Hakikat Manusia Hapuskan Mobil Hati Heterogenitas pertunjukan Dunia Ideologi Mobil Ilmu Pengetahuan Baru Irma Novrida Iron Maiden Istiqomah Jakarta Lumpuh Buang Mobil Jakarta tanpa Mobil Jalaluddin ar-Rumi Jalan Hati Jenderal Douglas Mac Arthur Jujur Junte Kasih Sayang Kecerdasan dan Anak Kejujuran Kesadaran Khalifah Allah Kista Jinak Payudara Kita (tidak) Beda Labyrinth Lathifah Makrifat Manusia Sempurna Manusia dan Tanggung Jawab MarvelKlik Mati sebelum mati Menerima adalah Kebaikan juga Nenek Make Up Tebal OST - The Dark Knight (2008) Objektif Logis Objektif Rasional Objektif Sejati One Minute Silence - Available in All Colors (1998) Peran Kita Untuk Semua Permainan Lego Poppy Mercury Puji Tuhan Raggamuffin Ramalan Joyoboyo Ramalan Ronggowarsito Ramalan Sbdo Palon Sahabat Angga - Final Sahabat Angga - Semua Tentang Kita Selamat jalan saudaraku Amien Sheryl Crow - Detours (2008) Siapa Tuhan Mu Slank Slipknot - All Hope Is Gone (2008) Sori Dori Mori Sparkling Saint - Saintronic (2008) Syekh Siti Jenar - Makna Kematian Syirik Ashghar Syirik Khofi Syirik Khofi (samar) Tanggungjawab dalam kebahagiaan Teka-Teki Einstein Tembang Kehidupan Terbuka Tesla - Times Makin' Changes Tidur Sadar Tipe Aural (Auditory - Musical) Tipe Belajar Visual Tipe Fisik (Kinesthetic) Tipe Logis (Mathematical) Tipe Penyendiri (Intrapersonal) Tipe Sosial (Interpersonal) Tipe Verbal (Linguistic) Tokoh Tragedi Tanah Serambi Mekkah 26 Desember 2004 Vicky Sianipar feat. Ikhsan Akbar - Sesal Semu Waham Within Temptation - Forgiven Zainal Arifin Zainal Arifin IUS

Pengikut

 

Copyright © 2010 Ikhlas - The Secret All Rights Reserved

Design by Dzignine