E-marketing - Aplikasi New Wave Marketing
Melalui pendekatan secara horizontal, New Wave Marketing mengajak user untuk selalu berinteraksi dan bekerjasama sehingga kemudian akan terbentuk sebuah community based marketing yang nantinya secara bertahap dan berkesinambungan komunitas tersebut bisa di garap menjadi potential customer bahkan loyal customer. New wave marketing bukan lagi konsep marketing one-to-one, tapi lebih efektif.
Meski demikian ada tiga macam konektor yang diperlukan dan diperhatikan oleh seseorang atau perusahaan yang akan menggunakan konsep baru ini, yaitu: mobile, experiantial, dan sosial tak akan cukup dengan cara konvensional saja, salah satu alternatif lain yang bisa digunakan adalah dengan menggarap dan mengintensifkan e-marketing.
Cukup banyak pengusaha atau perusahaan yang sudah mulai melirik e-marketing ini. Terutama di jaman globalisasi seperti sekarang ini, di mana tekhnologi informasi telah berkembang sedemikian cepat dan pesatnya. Bahkan menggunakan layanan internet sudah seperti makanan sehari-hari bagi banyak orang termasuk marketer. Akan sangat tepat jika semua konsep tersebut dilebur dan dijajaki secara bersamaan.
E-marketing atau strategi marketing online akan sangat cocok jika diaplikasikan dengan menggunakan new wave marketing, meski pada dasarnya new wave marketing dapat diaplikasikan secara offline juga. Bagi perusahaan-perusahaan yang sebelumnya berorientasi ekspor untuk mengalihkan, sementara target marketnya ke pasar atau konsumsi dalam negeri karena lesunya target ekspor sekarang ini. Untuk melihat potensi yang ada di tahun yang lalu, dibagi ke dalam empat kuartal.
Pada setiap kuartal tersebut mempunyai karakteristik serta strategi marketing yang berbeda-beda pula. Di kuartal pertama, yang harus dilakukan adalah dengan selalu menjaga (keep) cutomer yang memiliki reputasi serta hubungan yang baik dengan anda. Berikan customer anda keintiman (intimacy) sehingga akan terjalin keakraban antara anda dengan para good customer. Kemudian tawarkan dan berikan solusi atas segala permasalahan yang sedang dihadapi oleh customer.
Memang ada kecenderungan bahwa nanti pada kuartal kedua dan ketiga akan membuat cekungan. Hal itu salah satunya disebabkan oleh kondisi stabilitas politik dan ekonomi di dalam negeri. Pada rentang waktu tersebut, perusahaan harus mampu mendapatkan potential customer dengan menggunakan hak serta networking yang baik.
Peranan marketing tetap senantiasa dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam membuat atau mengagas produk-produk baru yang sangat cocok dimasa krisis ini. Dengan membangun dan membina sebuah komunitas memiliki nilai lebih bagi sebuah perusahaan karena ia bisa mengetahui secara rinci tentang apa yang dibutuhkan dan diperlukan oleh user.
bahan dari majalah prioritas edisi bca/25/VII/2010
Meski demikian ada tiga macam konektor yang diperlukan dan diperhatikan oleh seseorang atau perusahaan yang akan menggunakan konsep baru ini, yaitu: mobile, experiantial, dan sosial tak akan cukup dengan cara konvensional saja, salah satu alternatif lain yang bisa digunakan adalah dengan menggarap dan mengintensifkan e-marketing.
Cukup banyak pengusaha atau perusahaan yang sudah mulai melirik e-marketing ini. Terutama di jaman globalisasi seperti sekarang ini, di mana tekhnologi informasi telah berkembang sedemikian cepat dan pesatnya. Bahkan menggunakan layanan internet sudah seperti makanan sehari-hari bagi banyak orang termasuk marketer. Akan sangat tepat jika semua konsep tersebut dilebur dan dijajaki secara bersamaan.
E-marketing atau strategi marketing online akan sangat cocok jika diaplikasikan dengan menggunakan new wave marketing, meski pada dasarnya new wave marketing dapat diaplikasikan secara offline juga. Bagi perusahaan-perusahaan yang sebelumnya berorientasi ekspor untuk mengalihkan, sementara target marketnya ke pasar atau konsumsi dalam negeri karena lesunya target ekspor sekarang ini. Untuk melihat potensi yang ada di tahun yang lalu, dibagi ke dalam empat kuartal.
Pada setiap kuartal tersebut mempunyai karakteristik serta strategi marketing yang berbeda-beda pula. Di kuartal pertama, yang harus dilakukan adalah dengan selalu menjaga (keep) cutomer yang memiliki reputasi serta hubungan yang baik dengan anda. Berikan customer anda keintiman (intimacy) sehingga akan terjalin keakraban antara anda dengan para good customer. Kemudian tawarkan dan berikan solusi atas segala permasalahan yang sedang dihadapi oleh customer.
Memang ada kecenderungan bahwa nanti pada kuartal kedua dan ketiga akan membuat cekungan. Hal itu salah satunya disebabkan oleh kondisi stabilitas politik dan ekonomi di dalam negeri. Pada rentang waktu tersebut, perusahaan harus mampu mendapatkan potential customer dengan menggunakan hak serta networking yang baik.
Peranan marketing tetap senantiasa dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam membuat atau mengagas produk-produk baru yang sangat cocok dimasa krisis ini. Dengan membangun dan membina sebuah komunitas memiliki nilai lebih bagi sebuah perusahaan karena ia bisa mengetahui secara rinci tentang apa yang dibutuhkan dan diperlukan oleh user.
bahan dari majalah prioritas edisi bca/25/VII/2010
thanks sob sharenya.
BalasHapusaku kurang begitu faham akan marketing sob
saya kurang handal dalam hal marketing
BalasHapusbtw. monetasi dengan adsense camp itu gimana?
aku pengen nyoba juga nih :D
@ kisah abu nawas : sama kang... ini postingan group kang... bukan post saiia pribadi... punyanya temen saiia... saiia sendiri gag ngerti, hanya menyediakan tempat kang :)
BalasHapus@ John Terro : wahhh.. menurut saiia sii gag usah kang... hanya menuai kelelahan... saiia gag terelalu mikirin itu... kecil bangedd.. belum lagi berita mengenai adscamp itu scam dll.. :p
wah, terimakasih informasinya.
BalasHapusmemang bnr sob, hrs lebih kreatif dan inovatif dalam membuat atau mengagas produk-produk baru.
BalasHapusapalagi kalo para customernya itu gampang bosenan.
tul gak sob?
memang bnr sob, hrs lebih kreatif dan inovatif dalam membuat atau mengagas produk-produk baru.
BalasHapusapalagi kalo para customernya itu gampang bosenan.
tul gak sob?
memang bnr sob, hrs lebih kreatif dan inovatif dalam membuat atau mengagas produk-produk baru.
BalasHapusapalagi kalo para customernya itu gampang bosenan.
tul gak sob?
memang bnr sob, hrs lebih kreatif dan inovatif dalam membuat atau mengagas produk-produk baru.
BalasHapusapalagi kalo para customernya itu gampang bosenan.
tul gak sob?
memang bnr sob, hrs lebih kreatif dan inovatif dalam membuat atau mengagas produk-produk baru.
BalasHapusapalagi kalo para customernya itu gampang bosenan.
tul gak sob?
salam sobat
BalasHapusdapat artikel tentang marketing.
ternyata harus produk-produk yang cocok di masa krisis ini,yang dituntut untuk lebih kreatif dalam perannya sebagai marketing.
wah ... begitu yah?
BalasHapusjadi mikir dua kali masang adsense scamp :D
Ada beberapa perusahaan yang tidak bisa secara mudah menerapkan e-marketing
BalasHapusTetapi hakekat dari mobile, experiatial dan sosial tetap mampu memjadi khasanah pembaharu dalam sebuah sistem pemasaran.
tinggal cara pelaksanaannya saja dan memang inovasi dan kreatifitas pelaksana menjadi penentu, bisa jadi pada tahap implementasi hasilnya berbeda krn tingkat kreatifitas dan inovasi setiap orang berbeda
menarik sekali Mas Gen
mantab gan hehe...
BalasHapuskalau e-marketing sama e-comercial sama ga ya...>
BalasHapuskuarang paham kalau masalah ginian um...hehehehe sukses selalu um.
ini suatu terobosan yg bagus bro, krn marketing memang akan selalu berkembang menurut perubahan jaman :)
BalasHapuscuma aku lagi benci ma tele marketing
BalasHapustelpon yg paling malas kujawab
jujur,kala saya kurang mengerti sama marketing seperti ini....
BalasHapusTapi, sekarang ini memang sudah serba canggih ya...tak ada batasan untuk berbisnis sejak adanya internet...
kalau masalah pemasaran via online mah aq belum ahlinya sob, maklum belum berkeinginan buat bisnis online
BalasHapusterima kasih ya infonya , di tunggu kunjungan dan komentar balik di blog saya ya :)
BalasHapusanak ekonomi ya..?
BalasHapusmas.. link donaturnya broken tuh :(
BalasHapuskurang paham marketing. tapisaya sangat tertarik dengan kewirausahaan. heheh...
BalasHapussaya buta sama yang namanya marketing... :(
BalasHapusbanyak juga tahapannya ya ..
BalasHapusbut sukses buat kita semua
keren inovasinya...
BalasHapusalo bos, salam kenal :)
BalasHapusnice share tentang strategi marketingnya bos :)
btw tukeran link yuk :D
ditunggu kabar baiknya ya :)
trima kasih atas sharing,,,,
BalasHapusmatab tuch :D
Wiw.. rinci bener sob.. asyik nih info kayak gini.. thanks ya
BalasHapusThanks atas sharingbnya... bermanfaat sekali :D
BalasHapuspengetahuan ekonominya ngelotok banget nih sepertinya :(
BalasHapustancap gasssssssssssssssss
BalasHapussukses terus buat masnya...
BalasHapusgak ngerti...
BalasHapuswalah, iq ane ga nyampe he he.. makasih infonya sobat :)
BalasHapuswah, kalau artikel diatas ditambah dengan Emoticon2 yg lucu2 dan sangat Ekspresif yg ada diblog saya, makin manteb deh blognya, jadi lebih hidup artikelnya :thumbs up
BalasHapuslalu lintas kisruh :(
BalasHapuskunjungan malam sob
BalasHapusduuh kang kadaluarsa niie gmna iia?!? :(
BalasHapus@ Let's Share Together : makasii undangannya kang... segera terlaksana :)
BalasHapus