Ramalan Joyoboyo

Waktu kehadiran ramalan Joyoboyo bisa dipastikan terjadi saat Sang Prabu Joyoboyo memerintah Kerajaan Kediri pada tahun 1135-1157M. Ramalan Joyoboyo membatasi waktu permberlakuannya untuk jangka 2100 tahun matahari, yang dibagi dalam Trikali (tiga zaman besar) masing-masing berjangka 700 tahun, yakni zaman Kali Swara, Kali Yoga, Kali Sangara

Zaman Kali Swara berlangsung dari tahun 1 sampai dengan tahun 700.

Zaman Kali Yoga berlangsung dari tahun 700 sampai 1400, yang kira-kira semasa Pemerintahan Kerajaan Mataram Hindu sampai dengan berakhirnya Kerajaan Majapahit.

Zaman Kali Sangara diawali tahun 1400, yaitu saat munculnya Kerajaan Islam di pulau Jawa, Kedatangan Kompeni dengan VOC, Penjajahan Belanda (350 tahun), zaman Pergerakan Nasional, Zaman Jepang dan Zaman Perjuangan Perjuangan Kemerdekaan.


Zaman Kali Sangara berlangsung hingga sekarang yaitu saat tampilnya para pemimpin bangsa dan akan munculnya pemimpin mendatang.

Zaman Kali Sangara dibagi lagi menjadi 7 sub-zaman, yaitu :

1. Kala Jangga

2. Kala Sakti
3. Kala Jaya
4. Kala Bendu
5. Kala Suba
6. Kala Sumbaga
7. Kala Surata

Tahun 1999 berada di zaman Kala Suba atau masuk Kala Sumbaga, oleh karena itulah maka ada yang menaksir bahwa kita kini ada di saat-saat akhir, sekitar Kala Sumbaga memasuki Kala Surata.

3 komentar:

  1. aku tak mengerti tentang ramalan. hehe :)

    BalasHapus
  2. wow, begitu ya? krg ngerti jg mengenai ramalan :)

    BalasHapus

D'APRÈS VOUS?