Jalan Hati

Roh adalah pancaran Dzat Ilahi. Ia memancar dari Diri-Nya. Ia selalu suci, tak tersentuh kotoran. Ia dipancarkan pada 'pribadi' yang menjadi manifestasi Ilahi yang menyejarah di bumi, menuntun umat menjadi pribadi-pribadi manusia Ilahi.

Dalam pandangan filosof Muslim, gag cuma manusia yang ingin kembali ke asal, tapi juga semua alam semesta ini. Keinginan alam untuk kembali ke asal mencari Tuhan inilah yang menyebabkan adanya gerak berputar. Alam semesta berkembang. Bergerak berputar, seperti halnya rembulan berputar mengelilingi bumi, bumi dengan keluarganya mengelilingi matahari, matahari mengelilingi senayan Galaksi Bimasakti dan seterusnya.

Pergerakan berputar ini disebut Thawaf (dalam bahasa Arab). Walhasil, thawaf dalam haji adalah peniruan thawafnya alam. Setinggi-tingginya ibadah alam semesta, bisa kita lihat dari pergerakan dan perkembangan semesta yang kita diami ini.

Seruwet inikah Jalan Hati?

Thawaf adalah gerak untuk mencari kembali asal. Oleh karena itulah di Kabah terdapat Hajar Aswad. Hajar Aswad dijadikan simbol permulaan dan akhir dari inna lillahi wa inna ilaihi rajiun (sesungguhnya kita semua berasal dari Allah dan kepada Allahlah kita kembali). Semua ingin kembali.  Kalau ingin ilaihi rajiun, kepada-Nya kita kembali, ea harus tahu jalan-Nya. Jalan Tuhan itu telah dibuat-Nya dalam diri kita. Kalau mau tau ibadah yang benar, cari dalam dirimu sendiri, begitu kata Syekh Siti Jenar. Mengapa demikian? Karena di dalam diri manusia yang terdalam, terdapat Kabah, tempat manusia berthawaf tadi.

Di dalam dada ini ada Alquran. Alquran sebagai kitab suci yang terdapat dalam diri manusia ini harus dibaca, ditelaah, dikaji, dipelajari. Kitab suci yang terdapat di lemari-lemari di rumah kita adalah sebagai penerang. Lampu itu kita gunakan untuk menerangi kitab suci yang ada dalam dada. Supaya kita gag membaca dalam kegelapan. Itulah fungsi agama. Sebagai pelita.

Haji

Haji memang merupakan gerak kembali ke asal, karena manusia mempunyai konsep sentralitas yang menjadi latar bnelakang konsep tanah suci. Tanah suci mewakili sentralitas. Kabah sebagai simbil sentralitas dari pusat (centre) yang kita anggap sebagai bayt Allah.

Dalam Islam Esoteris -suatu penafsiran Islam yang bersifat sufistik dan penuh keterbukaan pada kearifan agama, (Islam dipahami melebihi simbol-simbolnya, dipahami melebihi segi lahiriah/syariat, tapi masuk pada segi lebih mendalam, realitas tinggi, yakni batin, pendalaman rohani- terdapat juga praktik dzikir, karena sebenarnya dengan dzikir maka kita kembali pada Tuhan lewat jalan dalam diri manusia.

Ala bi dzikrillah tathmainn al qulub! Maka kalau pergi ke Mekah lalu terharu melihat Kabah, itu adalah gejala psikologis yang sehat dari orang yang merasa kembali ke pusat kediriannya (center). Dan inilah jalan pencerahan, emanasi, iluminati yang hal tersebut telah ada dalam diri kita sendiri yang disebut Jalan Hati.

7 comments:

{ NF } | 25 Juni 2012 05.18 mengatakan...

emanasi? apa ya itu?

{ PS Holic } | 25 Juni 2012 05.32 mengatakan...

pelimpahan cahaya mungkin akan bisa menjelaskan kata tersebut barangkali iia.. semacam pencerahan bin illuminati lah :)

{ Lukman Hakim } | 25 Juni 2012 07.09 mengatakan...

aku tertarik dengan bahasa "thawaf dalam haji adalah peniruan thawafnya alam. Setinggi-tingginya ibadah alam semesta, bisa kita lihat dari pergerakan dan perkembangan semesta yang kita diami ini..

Bintang-Bintang dalam galaksi berputar mengelilingi porosnya. Mereka melakukan thawaf makrokosmos, mereka secara serempak melakukan tasbih galaksi, Elektron melakukan thawaf mikrokosmos, berzikir melaksanakan "tasbih elektron". Begitu pula manusia, bergerak melaksanakan thawaf Haji. ini merupakan sebuah pesan spirutual Ilahiah, bahwa manusiapun harus bergerak pada garis orbit, dan harus mengetahui apa dan siapa sebenarnya pusat orbitnya. Manusia wajib mengetahui di mana ia seharusnya meletakkan dirinya,juga pusat orbitnya.

{ Rohis Facebook } | 25 Juni 2012 08.18 mengatakan...

dalem banget ya.., saking dalemx sampe2 sy gk ngerti. *smile

{ BlogS of Hariyanto } | 25 Juni 2012 16.04 mengatakan...

ketika melakukan ibadah umroh atau haji..maka rasa haru kan hadir..karena merasakan kedekatan pada Sang Khaliq ..subhanallah

{ PS Holic } | 21 Juli 2012 22.41 mengatakan...

tepat seperti sekarang nii kang

{ Dedaunan Hijau } | 15 Januari 2013 03.21 mengatakan...

wah bahasanya dalem banget
saya suka , salam kenal

Poskan Komentar

D'APRÈS VOUS?

The Personal Touch

love life my review Kiat memperkaya diri Indonesian Strong from Home Sufi info perangkat blog Download mp3 Quote of the day Francomania R U Multiple Intelligence Rock Awards Masjid Kita pictures Low Latent Inhibition Solusi Jakarta Download Video Masgari Muhammad Athir Ardan Rahasia Ikhlas film sahabat angga Angga Sbastian Déjà vu Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak Insan Kamil Seabrek Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kanan Anak Zuhud Alanis Morissete - MTV Unplugged (1999) Alanis Morissette - Flavors of Entanglement (2008) Amien Apa itu Déjà vu 1 Apa itu Déjà vu 2 Ayn al Qudat Be the Miracle Berbuat Baik Bruno Mars - Just The Way You Are Cinta itu Hanya Damai - Esensi David Foster Dewa 19 Dimana ku Dinar Dirham sebagai Jawaban Diri Manusia Doa Jenderal Douglas Mac Arthur Doel Sumbang Download Software Dream Theater - Live At Budokan (2004) Dream Theater - Systematic Chaos (2007) Dream Theater - Train of Thought (2003) Dunia Baru Dunia dan Imam Mahdi Eksistensi Esensi Keberadaan Fariduddin Attar - Hakim Sanai Fibrokistik Mammae Gladi Kotor Hakikat Manusia Hapuskan Mobil Hati Heterogenitas pertunjukan Dunia Ideologi Mobil Ilmu Pengetahuan Baru Irma Novrida Iron Maiden Istiqomah Jakarta Lumpuh Buang Mobil Jakarta tanpa Mobil Jalaluddin ar-Rumi Jalan Hati Jenderal Douglas Mac Arthur Jujur Junte Kasih Sayang Kecerdasan dan Anak Kejujuran Kesadaran Khalifah Allah Kista Jinak Payudara Kita (tidak) Beda Labyrinth Lathifah Makrifat Manusia Sempurna Manusia dan Tanggung Jawab MarvelKlik Mati sebelum mati Menerima adalah Kebaikan juga Nenek Make Up Tebal OST - The Dark Knight (2008) Objektif Logis Objektif Rasional Objektif Sejati One Minute Silence - Available in All Colors (1998) Peran Kita Untuk Semua Permainan Lego Poppy Mercury Puji Tuhan Raggamuffin Ramalan Joyoboyo Ramalan Ronggowarsito Ramalan Sbdo Palon Sahabat Angga - Final Sahabat Angga - Semua Tentang Kita Selamat jalan saudaraku Amien Sheryl Crow - Detours (2008) Siapa Tuhan Mu Slank Slipknot - All Hope Is Gone (2008) Sori Dori Mori Sparkling Saint - Saintronic (2008) Syekh Siti Jenar - Makna Kematian Syirik Ashghar Syirik Khofi Syirik Khofi (samar) Tanggungjawab dalam kebahagiaan Teka-Teki Einstein Tembang Kehidupan Terbuka Tesla - Times Makin' Changes Tidur Sadar Tipe Aural (Auditory - Musical) Tipe Belajar Visual Tipe Fisik (Kinesthetic) Tipe Logis (Mathematical) Tipe Penyendiri (Intrapersonal) Tipe Sosial (Interpersonal) Tipe Verbal (Linguistic) Tokoh Tragedi Tanah Serambi Mekkah 26 Desember 2004 Vicky Sianipar feat. Ikhsan Akbar - Sesal Semu Waham Within Temptation - Forgiven Zainal Arifin Zainal Arifin IUS

Pengikut

 

Copyright © 2010 Ikhlas - The Secret All Rights Reserved

Design by Dzignine