Ketrampilan yang diperlukan dalam menggalang dana

Ketrampilan yang diperlukan dalam menggalang dana

Ada sejumlah ketrampilan yang penting dan perlu penggalang dana kuasai jika ingin berhasil.

Yang dimaksud dengan ketrampilan yang harus dikuasai adalah sebagai berikut:



a. Kesungguhan membantu mewujudkan tujuan organisasi

Kesungguhan adalah ciri yang paling penting dan harus dimiliki oleh penggalang dana suatu organisasi. Semangat dan kesungguhan penggalang dana akan mendorong orang lain juga untuk bersungguh-sungguh.

b. Kemampuan meminta

Banyak orang tidak nyaman bila harus meminta uang. Orang yang merasa seperti ini bukan orang yang tepat untuk menjadi penggalang dana. Untuk semua ini perlu kemampuan meminta secara efektif apa yang penggalang perlukan.

c. Kemampuan meyakinkan

Anda harus mampu meyakinkan seorang donor bahwa ber”investasi” di organisasi anda merupakan langkah yang tepat untuk menggunakan uangnya. Untuk mencapai hal tersebut, anda harus menyiapkan paparan yang sangat meyakinkan dan menyajikannya dengan cara yang dapat menaklukkan hatinya.

d. Percaya diri dan mengahadapi tolakan

Bila penggalang dana meminta sumbangan, perlu memancarkan rasa percaya diri, jika penggalang selalu merendah dan meminta maaf atau ragu, orang tidak akan memberi apa-apa kepadanya. Seorang penggalang dana yang baik juga harus mampu menentukan sikap bila ditolak. Setiap kali menghubungi orang, anggaplah ini pendekatan yang pertama sekali dan belajar dari pengalaman.

e. Kegigihan

Penggalang dana pada umumnya terlalu cepat menyerah. Mereka sering mengatakan “tidak”, bukannya sebagai tantangan untuk mencoba mengubah “tidak” menjadi “iya”. Jika penggalang dana terlalu cepat menyerah, maka tidak akan ada peluang dana sama sekali. Seorang penggalang dana seharusnya benar-benar untuk mendukung, maka penggalang dana harus mencari jalan untuk mengubah sikap orang itu, atau mencari kegiatan lain yang membangkitkan niatnya untuk mendukung.

f. Kejujuran

Penggalang dana harus selalu jujur, karena ia harus meyakinkan orang, maka ada tekanan yang kuat untuk tidak mengungkapkan seluruh kebenaran dan untuk membesar-besarkan kegiatan dari yang sebenarnya.

g. Ketrampilan sosial

Seorang penggalang dana harus memiliki rasa percaya diri, kesabaran, dan kepekaan. Percaya diri karena permintaan yang dilandasi rasa percaya diri sulit untuk ditolak. Sebab ketika menjawab hal-hal yang spesifik yang ditanyakan oleh donor dihadapannya agar dapat mewariskan sesuatu bagi organisasinya. Seorang penggalang dana juga harus pandai bergaul dan menghadapi orang lain.

h. Ketrampilan berorganisasi

Menggalang dana sering melibatkan kegiatan memelihara hubungan dengan ribuan orang pendukung. Mereka semuanya menganggap diri mereka sangat istimewa dan memiliki hubungan pribadi dengan anda. Penggalang dana harus memiliki catatan yang lengkap tentang surat-menyurat dan informasi mengenai sumbangan yang diterima dari setiap donor. Agar tidak terjadi kesalahpahaman diantara donor dengan anda ataupun organisasi.

i. Imajinasi dan kreatifitas

Penggalang dana yang baru masuk organisasi harus paham bahwa imajinasi adalah sebuah modal yang berharga. Tugasnya mungkin menciptakan kegiatan-kegiatan baru untuk memberi ilmu dan juga ilham kepada para donor yang ada dan untuk menciptakan acara-acara yang dapat mengobarkan semangat banyak orang atau mungkin memaparkan kegiatan organisasi dengan cara yang cemerlang dan imajinatif.

j. Kontak dan kemampuan menambah kontak

Penggalang dana yang sudah memiliki beberapa kontak dalam bidang atau sektor tertentu punya kelebihan yang sangat bermanfaat tetapi ini bukan suatu syarat. Memiliki kontak bukan berarti bahwa orang-orang bersangkutan adalah orang-orang yang tepat bagi organisasi. Alternatif yang baik jika meminta sumbangan, kemampuan mendapatkan kontak baru dan kemahiran meminta orang lain untuk membantu meminta sumbangan bagi penggalang dana.

k. Menangkap peluang

Penggalang dana harus menangkap setiap peluang yang terbuka. Misalnya, jika suatu perusahaan besar baru saja mengumumkan mendapat laba besar atau mendapatkan kontrak kerja yang besar di daerah penggalang dana, maka sebuah surat yang disusun dengan biak untuk meminta sumbangan mungkin akan membuka hasil yang baik dan sukses.

3 comments:

{ Ra-kun yang sendiRIAN } | 18 Januari 2011 11.15 mengatakan...

boleh dicoba nih :)

{ Masbro } | 19 Januari 2011 09.46 mengatakan...

Wah ternyata berat juga jadi penggalang dana. Tapi ini tips yang bener2 top.

{ genial } | 29 Januari 2011 02.38 mengatakan...

makasii buat akang berdua iia :)

Poskan Komentar

D'APRÈS VOUS?

The Personal Touch

love life my review Kiat memperkaya diri Indonesian Strong from Home Sufi info perangkat blog Download mp3 Quote of the day Francomania R U Multiple Intelligence Rock Awards Masjid Kita pictures Low Latent Inhibition Solusi Jakarta Download Video Masgari Muhammad Athir Ardan Rahasia Ikhlas film sahabat angga Angga Sbastian Déjà vu Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak Insan Kamil Seabrek Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kanan Anak Zuhud Alanis Morissete - MTV Unplugged (1999) Alanis Morissette - Flavors of Entanglement (2008) Amien Apa itu Déjà vu 1 Apa itu Déjà vu 2 Ayn al Qudat Be the Miracle Berbuat Baik Bruno Mars - Just The Way You Are Cinta itu Hanya Damai - Esensi David Foster Dewa 19 Dimana ku Dinar Dirham sebagai Jawaban Diri Manusia Doa Jenderal Douglas Mac Arthur Doel Sumbang Download Software Dream Theater - Live At Budokan (2004) Dream Theater - Systematic Chaos (2007) Dream Theater - Train of Thought (2003) Dunia Baru Dunia dan Imam Mahdi Eksistensi Esensi Keberadaan Fariduddin Attar - Hakim Sanai Fibrokistik Mammae Gladi Kotor Hakikat Manusia Hapuskan Mobil Hati Heterogenitas pertunjukan Dunia Ideologi Mobil Ilmu Pengetahuan Baru Irma Novrida Iron Maiden Istiqomah Jakarta Lumpuh Buang Mobil Jakarta tanpa Mobil Jalaluddin ar-Rumi Jalan Hati Jenderal Douglas Mac Arthur Jujur Junte Kasih Sayang Kecerdasan dan Anak Kejujuran Kesadaran Khalifah Allah Kista Jinak Payudara Kita (tidak) Beda Labyrinth Lathifah Makrifat Manusia Sempurna Manusia dan Tanggung Jawab MarvelKlik Mati sebelum mati Menerima adalah Kebaikan juga Nenek Make Up Tebal OST - The Dark Knight (2008) Objektif Logis Objektif Rasional Objektif Sejati One Minute Silence - Available in All Colors (1998) Peran Kita Untuk Semua Permainan Lego Poppy Mercury Puji Tuhan Raggamuffin Ramalan Joyoboyo Ramalan Ronggowarsito Ramalan Sbdo Palon Sahabat Angga - Final Sahabat Angga - Semua Tentang Kita Selamat jalan saudaraku Amien Sheryl Crow - Detours (2008) Siapa Tuhan Mu Slank Slipknot - All Hope Is Gone (2008) Sori Dori Mori Sparkling Saint - Saintronic (2008) Syekh Siti Jenar - Makna Kematian Syirik Ashghar Syirik Khofi Syirik Khofi (samar) Tanggungjawab dalam kebahagiaan Teka-Teki Einstein Tembang Kehidupan Terbuka Tesla - Times Makin' Changes Tidur Sadar Tipe Aural (Auditory - Musical) Tipe Belajar Visual Tipe Fisik (Kinesthetic) Tipe Logis (Mathematical) Tipe Penyendiri (Intrapersonal) Tipe Sosial (Interpersonal) Tipe Verbal (Linguistic) Tokoh Tragedi Tanah Serambi Mekkah 26 Desember 2004 Vicky Sianipar feat. Ikhsan Akbar - Sesal Semu Waham Within Temptation - Forgiven Zainal Arifin Zainal Arifin IUS

Pengikut

 

Copyright © 2010 Ikhlas - The Secret All Rights Reserved

Design by Dzignine