Attractive Photo Animation






Pada tutorial kali ini, gw mo' nunjukkin gmn cara membuat sebuah animasi photo yang sangat atraktif dan praktis, menggunakan flash. Gw mo' nunjukin gmn mempresentasikan gambar menggunakan aplikasi macromedia flash, namun dengan cara yang teramat simple, namun lumayan gk ktinggalan zaman. Lo gk perlu pake kode2 'action script' segala tetek-bengek serta keluarga metal semrawut lainnya. Bisa di pergunakan utk banner, presentasi, header buat yang gemar mengutak-atik tampilan situsnya, dsb dll dst. Tutorial ini, weww... forget about that 'tutorial' word! SUCK!

Kesempatan sharing ini [hell yeah, kata tsb lebih nyaman, pink] juga mengetengahkan ttg bagaimana menyomot (import) gambar, foto, dsb kedalam aplikasi yang td udah gw singgung di atas, yakni flash, trus jga bagaimana mengubah format gambar atau foto tersebut kedalam bntuk movie clip simbol, bagaimana memanfaatkan Free Transform Tool utk memanipulasi foto tadi, dan banyak lagi.






Langkah 1

Pertama-tama, simpan sebuah gambar atau foto yang akan kita pergunakan untuk animasi kali ini!


Langkah 2

Buka sebuah halaman baru. Tekan Ctrl+J, pilih widht 300 pixels height 200 pixels (dimensi gambar). Plih sembarang warna utk BG, pilih 32 sebagai settingan flash movie, klik OK. Liahat gambar!


Langkah 3

Pilih, file > import > import to stage (Ctrl+R) lalu import foto yang td lo save di langkah 1 ke dalam lembar kerja flash.

Langkah 4

Sewaktu foto masih terpilih (selected-lihat indikasinya), Ctrl+K (align panel) lakukan hal ini:

1. Pastikan tombol Align/Distribute to Stage nyala alias aktif
2. Klik tombol Align horizontal center
3. Klik tombol Align vertical center

Langkah 5

Sekali lagi, foto msh terselect, tekan F8 (mengubah menjadi simbol) utk mengubah foto tersebut menjadi sebuah Movie Clip Symbol


Langkah 6

Klik frame 15, 40 sama 50, lanjutkan dengan menekan F6

Langkah 7

Sekarang balik ke frame pertama, pilih Free Transform Tool (Q), kecilkan ukuran foto seperti yg gw lakuin di gambar berikut!



Langkah 8

Pilih Selection Tool (V), letakkan foto yang sudah menciut tadi pa
da posisi:

Setelah itu, jangan lupa meneguk kopi hangat yang sedianya udah lo siapin tuk nemenin kita ngerjain gambar ini... seruput dalam-dalam.


Langkah 9

Back again, pilih Transform Tool (Q), lakuin ini:

Langkah 10

Lalu:

Langkah 11

Tekan frame 15, wewww tekan, klik jga boleh... lalu kembali pilih Transform Tool (Q), ciutin sekali lagi foto yg udah ciut tadi.

Langkah 12

Lakuin ini, Transform Tool (Q)

Langkah 13

Pilih frame 40, pilih Selection Tool (V), klik 1x foto tadi supaya bnr2 terpilih, ter-checked sama kita. Lalu, lihat di Properties Panel (Ctrl+F3). Buka mata, di sebelah kanan, lo liat menu warna-warna (Color menu). Pilih alpha, geser ke 65%.



Langkah 14

Klik-kanan di sembarang tmp di daerah abu-abu antara frame 1 dan 15, frame 15 dan 40 sama frame 40 dan 50 timeline nya, pilih Create Motion Tween dari menu yang muncul. Liat deygh gambarnya...


Langkah 15

Balik lagi ke frame 15, buka lagi Properties Panel (Ctrl+F3), lakukan hal berikut:




It's a wraaaaaaaapppp!



Download Sample Here!

English Version Here!


Segala sesuatu yg berkaitan dengan postingan tutorial yg dulu pernah nyangkut di sini, telah dipindah ke alamat sakti satu ini :) ... Enjoy!

3 komentar:

  1. apanya yang bagus ni om ekom.. ehhh eko.. hehehheh.. setelah di ricek, banyak kekurangan dari postingan satu itu... menyebalkan... tp gmn dund udah kadong males update nya... moga-moga bisa dimengerti sama siapa aja yang kebetulan mampir...

    makasih om makasih...

    BalasHapus
  2. semua postingan yang berkaitan dengan tutorial sudah berpindah k e s i n i ! ! !

    terimakasih.

    BalasHapus

D'APRÈS VOUS?