Hati

Manusia memang dianjurkan untuk mencari makanan halal sekedarnya agar bisa mempertahankan hidup (bertahan hidup) dengan tujuan menegakkan kewajiban-kewajiban pada Tuhannya.

Biasanya manusia memerlukan makanan, walau tanpa mengonsumsi makananpun, Alloh SWT mampu dan berkuasa untuk menciptakan ketaqwaan seorang hamba-Nya, namun dari sisi seorang manusia itu sendiri, didalam menjalani hidupnya akan lebih bermanfaat apabila dia sanggup mengenal hakikat hidup yang sesungguhnya.

Lalu masalahnya.. bagaimana sebenarnya hakikat hidup kita yang sesungguhnya?


Para ulama alhi suluk (orang yang menelusuri jalan ma'rifat) telah sepakat bahwa organ dimensi rohani manusia itu berada di dalam hati. Hal ini mereka pahami dari beberapa hadits Rosululloh SAW, bahwa organ hati dipandang lebih vital dan memiliki dominasi kuat terhadap perilaku keseharian manusia.

Baik buruknya jasmani sangat bergantung pada baik buruknya rohani. Tergantung pada hati. Agar hati manusia menjadi baik, caranya tidak lain harus diberi perhatian spesial dan perlakuan khusus. Sebab bukan hanya organ tubuh lahir saja yang membutuhkan gizi dan terserang penyakit, namun hati juga memerlukan gizi bahkan juga sangat rentan dari yang namanya terserang penyakit.

10 komentar:

  1. Betul sekali sob, Baik buruknya jasmani sangat bergantung pada baik buruknya rohani. Thanks pencerahannya :)

    BalasHapus
  2. berharap artikel ini bisa dieksplor lg, apalagi referensinya para sufi, ayo sobat ditunggu postingan2 dg refernsi para sufi,karena dr sana belajar kita bisa belajar bijak :)

    BalasHapus
  3. Pasalnya manusia jaman sekarang itu inginnya yang serba ektra cepat dan kebanyakan kurang bersyukurnya maka untuk mendapatkan "hati baik" seperti yang sobat bilang itu berat jika dalam keadaan susah. Dalam hal ini hati, hati dijaman sekarang ini asal! hanya lihat materi semata tanpa perasaan, dan hak! Seperti pernah Saya lihat juga ntah dari hadist atau Al Qur'an "Miskin mendekati kekafiran" (CMIIW)

    BalasHapus
  4. makasih nasehatnya sobat, sangat bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  5. Mantap artikelnya.. terima kasih sudah mengingatkan...

    BalasHapus
  6. Looking for the miracle? Just be the miracle!

    BalasHapus
  7. smg termasuk kedalam golongan yg baik hatinya, insya allah :)

    BalasHapus
  8. jagalah hati jangan kau kotori :D

    BalasHapus

D'APRÈS VOUS?